Senin, 04 November 2024

Cerita Bapak buat Abang Rizky #part_3

Bang, kali ini bapak mau cerita tentang Keledai dan Harimau

Di dalam hutan terjadi perdebatan yang panjang antara Keledai dan Harimau. Mereka berdebat tentang rumput yang mereka lihat. Keledai mengatakan, rumput itu berwarna biru dan ia bersikeras atas pandangannya tersebut. Harimau marah, karena ia tau bahwa rumput yang mereka pandang itu sebenarnya berwarna hijau.

Menurut saya rumput itu berwarna biru, kata Keledai.
Bukan, rumput itu berwarna hijau, jawab Harimau.
Kamu salah, rumput itu berwarna biru, ujar Keledai.
hijau! Biru! hijau! Biru! Mereka berdebat tak berkesudahan.
Beberapa kawanan kancil, gajah dan lainnya pun datang untuk melerai. Namun Harimau dan Keledai tetap berdebat.

Untuk menghindari perdebatan yang berkepanjangan, mereka akhirnya sepakat untuk menemui Singa; si raja hutan. Singa dikenal bijak dalam memutuskan berbagai perkara dan perselisihan yang terjadi di antara binatang penghuni hutan.

Pertemuan-pun berlangsung, Singa dengan cermat mendengar cerita dari Keledai dan Harimau. Setelah mendengar cerita itu; Singa diminta untuk memutuskan siapa yang benar dan siapa yang salah. Ketupusan diambil, Singa menyatakan bahwa Keledai-lah yang benar. Tidak hanya itu, Singa juga mengambil keputusan dengan memberikan sanksi kepada Harimau berupa larangan bicara kepada siapapun selama satu tahun. Larangan tersebut berlaku saat itu juga, sehingga otomatis Harimau tidak bisa bertanya atau berargument lagi dihadapan Singa.

Waktu terus berjalan, akhirnya Harimau sudah melawati masa hukumannya selama satu tahun. Hari yang dinanti itu telah tiba, Harimau langsung menemui Singa karena ia sangat penasaran dan ingin bertanya mengapa Singa membenarkan pernyataan Keledai? Dan mengapa ia harus mendapatkan hukuman larangan bicara selama satu tahun? Mendengar kedua pertanyaan ini diajukan, Singa menahan tawanya. Sambil menatap Harimau, Singa menjawab; “saya tau rumput itu berwarna hijau dan saya memberikan hukuman kepada-mu bukan karena kamu salah, tetapi karena kamu sudah membuang-buang waktu mu untuk berdebat dengan seekor keledai.”
Ingatlah wahai Harimau, ada 3 kesalahanmu Pertama, engkau telah menghabiskan waktu untuk berdebat dengan makhluk bodoh. Kedua, engkau tidak meyakini pengetahuanmu yang benar. Dan ketiga, engkau telah menyita waktuku untuk masalah yang tidak penting.

Singa kemudian melanjutkan nasehatnya; “hindari perdebatan terutama dengan yang jahil dan angkuh. Mereka hanya merusak emosi kamu sendiri. Berdebat dengan Keledai yang bodoh hanya akan membuatmu seperti dia.” Itu sebabnya aku menghukum mu untuk berdiam diri, agar kamu bisa memetik hikmah untuk tidak lagi berdebat dengan kebodohan.
Harimau pun tunduk terdiam, dan menyadari kesalahannya

Jadi bang, kalau suatu saat nanti abang bertemu dengan "Keledai" yang berdebat dengan abang, abang sudah tau apa yang harus abang lakukan
Jangan buang waktu, tenaga dan fikiran abang untuk berdebat dengan Keledai tadi.

Minggu, 03 November 2024

Cerita Bapak buat Abang Rizky #part_2

Abang Rizky, bapak ada cerita menarik buat abang, ceritanya tentang Cheetah dan Anjing balap

Pernah suatu ketika, seekor Anjing balap mengajak balapan lari Cheetah untuk membuktikan mana yang lebih cepat antara Anjing balap dan Cheetah
Tapi herannya pada saat perlombaan dimulai, sang Cheetah tak menggerakan satu jaripun dan hanya duduk terdiam melihat suasana, hingga akhirnya Anjing tersebut melewati garis finish. Dengan sombongnya Anjing membanggakan diri kalau dia telah mengalahkan Cheetah. Lihatlah Cheetah, aku lebih cepat darimu, Cheetah pun hanya tersenyum.
Penonton banyak yang bertanya-tanya dan kecewa
bahkan tak sedikit pula yang mulai berinovasi dengan pola pikir negatif nya
Wahhh ternyata mental nya cheetah payah, ternyata anu, ternyata begita, begitu, dan sebagainya.
Sampai ada seorang bijak yang berkata :
"Terkadang berusaha membuktikan siapa yang terbaik adalah sebuah tindakan penghinaan"


Abang Rizky, Cheetah tidak perlu membuktikan dirinya yang tercepat, padahal kita tahu bahwa seekor Cheetah bisa berlari sampai kecepatan 120km/jam dan seekor anjing balap terhebat yang pernah direkam hanya mencapai 57km/jam
"Langit Tak Perlu Menjelaskan Bahwa Dirinya Tinggi"
Sang cheetah tahu kemampuan dirinya dan dipergunakan sebagai alat untuk berburu mangsa sebagai makanan sesuai kodrat kebutuhan hidupnya.
Bukan untuk membanggakan bahwa dirinya yang tercepat
Jadilah Cheetah, jangan sebaliknya...

Sabtu, 02 November 2024

Cerita Bapak buat Abang Rizky #part_1

Abang udah pernah dengar cerita tentang Elang dan Gagak belum?

Jadi, gini ceritanya


Suatu hari ada seekor Elang yang sedang terbang, tak lama kemudian datang seekor Gagak menghampiri dan naik ke atas Elang yang sedang terbang tersebut. Gagak tersebut mematuk-matuk Elang yang sedang terbang tersebut. Bukannya berontak dan melawan Gagak, sang Elang hanya melanjutkan terbangmya. Elang terbang tinggi, lebih tinggi dan makin tinggi, hingga pada suatu titik ketinggian, Gagak kesulitan untuk bernafas. Gagak pun akhirnya mati karena kesulitan bernafas dan terjatuh, Elangpun melanjutkan terbangnya tanpa menghiraukan Gagak tersebut.

Bang Rizky...

Seringkali kita menemui orang-orang yang akan mengganggu proses kita, ada yang iri, tidak suka bahkan berusaha menjatuhkan kita seperti Gagak tadi. Bukan hal yang sulit bagi Elang untuk melawan Gagak tadi, tetapi tidak dilakukannya. Daripada kita membuang energi dan tenaga kita untuk hal negatif, meladeni hal sepele, lebih baik tenaga dan energi kita difokuskan untuk hal positif seperti tetap berkarya dan berusaha memaksimalkan potensi kita. Elang tidak memperdulikan gangguan Gagak dan tetap melanjutkan terbangnya lebih tinggi, Elang mampu terbang jauh lebih tinggi dari Gagak, sedangkan Gagak mempunyai keterbatasan ketinggian, makin tinggi, tekanan udara makin berat, inilah batas yangbtidak bisa Gagak lamapui dari Elang.

Angkat standard dan kualitasmu lalu mulailah kepakkan sayapmu dan bersiaplah untuk terbang lebih tinggi, tidak usah memperdulikan Gagak-Gagak yang menngganggumu, fokus pada usaha, tujuan dan potensimu, niscaya mereka akan jatuh dengan sendirinya...

Selasa, 15 Oktober 2024

Storyline dan storyboard

Storyboard adalah naskah yang dituangkan dalam bentuk gambar nyata. Storyboard merupakan serangkaian sketsa (gambar kartun) dibuat persegi panjang yang menggambarkan suatu urutan (alur cerita) elemen-elemen yang diusulkan untuk aplikasi multimedia.

Contoh Storyboard

Keterangan
Scene : tempat Kejadian
Sequence : Adegan-Adegan / Shoot-Shoot / Potongan Dalam Video
Board : Gambar Sketsa
Durasi : Berapa Lama Waktu yang Akan di Gunakan dalam Adegan
Naskah : Deskripsi Adegan untuk Memperjelas dalam Pengambilan Gambar


Sedangkan
Storyline adalah sebuah naskah cerita dalam bentuk teks. Merancang naskah merupakan spesifikasi lengkap dari teks dan narasi dalam aplikasi multimedia. Dalam merancang naskah, analis menetapkan dialog dan urutan elemen-elemen secara rinci.

Contoh Soryline

contoh hasil video

Berkarya Foto Makro dengan Lensa Pralon

Fotografi berasal dari bahasa Yunani yaitu Photos yang artinya cahaya dan Graphos yang artinya gambar. Dari sekian banyak cabang fotografi, fotografi makro menjadi salah satu ketertarikan tersendiri bagi saya. berawal dari rasa penasaran dengan benda - benda kecil seperti lalat, capung, semut dan serangga lainnya. Namun penulis merasa kesulitan dalam berkarya karena tidak memiliki lensa Makro unruk berkarya, akhirnya penulis mencari solusi kreatif lainnya untuk tetap dapat berkarya foto makro, dan muncullah ide untuk membuat lensa Pralon.

Lalat merupakan makhluk kecil yang sering ditemui, namun kadang kala manusia mengabaikan lalat tersebut. Selama ini lalat hanya dilihat oleh manusia secara global saja dan tidak dilihat secara detail khususnya pada bagian unsur yang dimiliki lalat seperti detail pada mata, tekstur pada elemen – elemen tubuh lalat. Hal ini yang membatasi pengamatan manusia pada lalat. Untuk mendapatkan detail bagian – bagian yang dimiliki lalat perlu ada bantuan alat.

Alat yang dipakai adalah lensa makro. Lensa makro adalah lensa yang digunakan untuk pemotretan dengan objek yang berukuran kecil atau pemotretan berjarak dekat, mendekatkan pemotret dengan objek, umumnya dipakai untuk keperluan reproduksi karya karena dapat memberikan kualitas prima dan distorsi minimal. Secara garis besarnya fotografi makro diperlukan antara lain untuk bahan scientific / identifikasi species (satwa / tumbuh - tumbuhan), untuk engineering, metallurgy, manufacture, untuk tujuan promosi / marketing suatu benda, hewan atau tumbuh – tumbuhan, serta untuk keindahan.

Foto makro adalah foto yang dibuat dari jarak dekat. Biasanya objek yang dibidik berukuran kecil, seperti lalat, semut, nyamuk dan lain – lain. Objek – objek berukuran kecil diambil menggunakan lensa makro dengan mendekatkan pemotret ke objek.

Foto makro merupakan bagian dari salah satu kategori fotografi yang membuat pembesaran terhadap suatu objek, atau dengan kata lain dunia fotografi yang diperkecil ke dalam dunia Micro. Pembesaran tersebut bisa dilakukan medekatkan objek dengan kamera. Melalui fotografi makro kita dapat melihat dengan jelas detail – detail pada objek khususnya pada lalat. Detail – detail lalat dapat dilihat dengan jelas seperti : tekstur mata, tekstur bulu dan seterusnya. Dunia Fotografi, Makro memiliki arti sarana untuk pemotretan dari jarak dekat. Fotografi makro akan menghasilkan rekaman gambar yang sama besar dengan benda aslinya (1 : 1) atau separuh dari benda aslinya (1 : 2). Lensa zoom yang dapat menghasilkan rekaman seperempat dari benda aslinya (1 : 4) juga sudah bisa dikatakan makro

Pemilihan lalat sebagai objek fotografi makro yang penulis lakukan adalah karena lalat penulis anggap memiliki latar belakang yang mampu mendukung konsep berkarya penulis. Latar belakang yang dapat mendukung konsep berkarya penulis adalah karena lalat adalah hewan yang makan dari sampah dan hasil buangan manusia. Hal ini yang penulis anggap dapat mendukung konsep berkarya penulis karena proses berkarya penulis menggunakan lensa yang telah tidak terpakai dan lensa yang sudah dianggap tidak dapat digunakan lagi, misalnya autofocus yang sudah tidak berfungsi, salah satu bagian lensa yang telah berjamur atau berkabut, sehingga gambar yang dihasilkan tidak maksimal.

Penulis memodifikasi lensa – lensa yang dianggap tidak berfungsi tersebut sehingga dapat digunakan kembali dengan cara membongkar, membuang bagian yang dianggap bermasalah, kemudian digabungkan dan menghasilkan lensa baru dengan kemampuan baru dalam menghasilkan sebuah gambar. Kedua lensa yang seharusnya sudah tidak dapat digunakan, tapi penulis gabung dan gunakan kembali untuk menciptakan lensa baru untuk mengabadikan moment lalat kedalam media fotografi makro. Pemanfaatan barang – barang bekas inilah yang penulis anggap sesuai dengan kebiasaan lalat, sehingga hal inilah yang menjadikan lalat sebagai objek fotografi makro yang penulis buat.


Struktur penyusunan lensa paralon





Hasil akhir lensa paralon




Cara pemasangan lensa Pralon




konsep berkarya 1





Konsep berkarya 2










Konsep berkarya 3








Konsep berkarya 4





Akhir kata Foto makro mengajarkan penulis untuk berfikir detail, melatih kesabaran dan kekuatan fisik. Lalat mengajarkan penulis bahwa yang biasa dianggap “sampah” pun masih bisa dimanfaatkan. Jika selama ini masyarakat menganggap lalat adalah hewan yang jorok, penulis berpendapat sebaliknya. Menurut penulis, lalat adalah hewan yang sangat menjaga kebersihan. Lalat rajin membersihkan sayap menggunakan kaki belakangnya, mengapa demikian? karena bila di sayapnya terdapat setitik debu saja, maka sayapnya akan robek saat terbang, akibatnya lalat tidak akan bisa terbang, dan hal ini akan menyebabkan lalat mudah dimangsa oleh predatornya. Untuk menciptakan foto makro, tidak harus menggunakan lensa mahal, masih ada solusi kreatif yang lebih ekonomis. Alat memang penting, namun ada hal yang jauh lebih penting, yaitu kreatifitas. Bagaimana kita dapat tetap berkarya ditengah keterbatasan.
Wassalamualaikum wr wb

Berkarya fotgrafi Makro dengan lensa Pralon

Kebesaran budaya Betawi di situs Batu Jaya Tarumajaya, warisan abad ke-2.










Emas yang di temukan oleh salah seorang warga di daerah karawang ini diyakini peninggalan kerajaan pasundan abad ke – 2 Masehi. Emas berukuran kurang lebih 3 mm ini memiliki ukiran berupa bulatan – bulatan kecil disekelilingnya. Dari panjang 3 mm ini dapat di lihat 12 hingga 15 bulatan kecil di tiap barisnya. Bayangkan, untuk seukuran 3 mm, terdapat 12 hingga 15 bulatan kecil. Bagaimana mereka membuatnya, dengan cara apa, bagaimana mereka melihatnya saat proses pembuatannya, dan untuk apa mereka membuat benda sekecil ini? Bila dibuat zaman sekarang, mungkin bisa menggunakan laser, las atau peralatan canggih lainnya, namun artefak ini di yakini merupakan peninggalan dari Abad ke 2M, apakah tekhnologi mereka sudah mumpuni untuk melihat dan membuat benda - benda sekecil ini? Mencairkan logam mulia seperti emas dan yang terpenting lagi, bagaimana mereka membuat master cetakan yang jauh lebih detail dari hasil cetakannya? Dan untuk apa dibuat benda – benda sekecil ini? Apa tujuan mereka membuat benda – benda berukuran kecil?.






    
    



-Agustim Saptono Haji (Pameran "Kisah Samudra" Vision International Image Festival, MahaART Galery, Bali, Oktober 2013)-

Minggu, 13 Agustus 2023

SOAL UP SENI RUPA PPG DALAM JABATAN 2023 (Part 3)

41. Untuk menghasilkan tampilan yang mendekati kemiripan jenis material yang akan digunakan dalam perancangan furniture dalam aplikasi efek Autocad ditemukan dalam kotak dialog available material in glowing. untuk menghadirkan warna secara langsung kepada objek digunakan perintah...
a. Difuse
b. Reflection indeks
c. Self illumination
d. Shining mith
e. Transfusion Sheet

42. Saat mengikuti seminar bertaraf nasional biasanya kita akan mendapatkan kenangan-kenangan berupa buku agenda sebagai souvenir acara. Souvenir sebagai media promosi termasuk dalam media promosi...
a. Branding
b. Lini atas
c. Lini bawah
d. Merchendise
e. Segmented

43. Menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata merupakan upaya guru untuk memahami karakteristik perkembangan siswa dalam kecakapan berpikir kritis Oleh karena itu siswa dituntut untuk belajar...
a. Mengidentifikasi menganalisis mensintesis mengubah menciptakan
b. Mengikuti mengubah mendekonstruksi menciptakan
c. Mendengarkan mempertimbangkan mengikuti menganalisis
d. Mendengarkan menganalisis mensintesis mengubah mendekonstruksi
e. Mendengarkan mengikuti mengubah menciptakan

44. Teknik yang digunakan dalam pembuatan action figure bermaterial Polymer clay atau lilin adalah teknik casting sementara material molding yang digunakan untuk mereproduksi patung lilin secara presisi dalam jumlah banyak teknik melalui...
a. Fiber mold
b. Gypsum mold
c. Metal mold
d. Semen mold
e. Silikon rubber mold

45. Saat berkunjung ke objek wisata Candi Borobudur kita akan disuguhkan beragam souvenir cenderamata khas salah satunya adalah miniatur bangunan candi yang terbuat dari bahan casting resin. Kemampuan untuk membuat miniatur ini merupakan potensi ekonomi kreatif dari cabang seni...
a. Arsitektur
b. Desain interior
c. Kriya
d. Patung
e. Seni grafis

46. Dalam merancang desain interior agar muatan furnitur dan dekorasinya dapat memberikan kesan ruang menjadi longgar maka hal yang perlu diperhatikan adalah...
a. Memilih desain furniture minimalis
b. Menata furniture secara simetris
c. Mengecat ruangan dengan warna cerah
d. Mengisi ruang dengan furniture sedikit
e. Menjaga keseimbangan ruang positif dan negatif

47. Guru seni lukis menggunakan media pembelajaran video tutorial melukis dengan teknik decal Qomaniah dalam PTK dilakukan guru disebut untuk mengatasi permasalahan rendahnya keterampilan siswa dalam melukis dengan menggunakan...
a. Cat air
b. Cat akrilik
c. Cat minyak
d. Cat poster
e. Cat spray

48. Guru memberikan motivasi arahan dan bimbingan kepada siswa agar tetap aktif dalam pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berkarya seni patung hal tersebut merupakan tindak lanjut yang dilakukan bagi siswa yang...
a. Belum mencapai kriteria ketuntasan minimal
b. Kurang memiliki motivasi belajar
c. Kurang menguasai komposisi dalam membuat patung
d. Kurang menguasai teknik membuat patung
e. Mencapai kriteria ketuntasan minimal

49. Pandemi covid 19 berdampak terhadap kualitas pembelajaran seni patung yang dilakukan secara daring hal tersebut mendorong guru untuk melakukan PTK adapun hipotesis yang ditentukan adalah...
a. Kreatifitas siswa yang ditingkatkan melalui software 3D Modeling
b. Melakukan tindakan agar siswa menjadi kreatif
c. Meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat rancangan sebuah patung
d. Rendahnya kreativitas siswa dapat dikembangkan melalui motivasi dan pembelajaran daring
e. Software 3D Modeling dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat rancangan seni patung

50. Berikut ini merupakan hipotesis tindakan dalam PTK bahwa penggunaan metode drill dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat model patung. Berdasarkan hipotesis tersebut maka tindakan yang dapat dilakukan dalam satu bagian siklus adalah...
a. Memberikan beberapa kali latihan membuat model patung
b. Memberikan tugas membuat patung dengan teknik modeling
c. Membimbing siswa membuat patung dengan alat pahat
d. Mendemonstrasikan pembuatan patung dengan bahan lunak
e. Meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan alat butsir

51. Pembelajaran abad ke-21 mendorong siswa mampu menyelesaikan tugas-tugas atau kreativitas atau aktivitas pembelajaran yang bervariasi. Oleh karena itu tujuan pembelajaran yang ditentukan guru harus mempertimbangkan kebutuhan untuk...
a. Melatih kecakapan kolaboratif atau literasi pada diri siswa
b. Memahami kemampuan siswa
c. Memaksimalkan potensi siswa
d. Memberikan motivasi kepada siswa
e. Meningkatkan kemandirian siswa

52. Sebagai bagian akhir dari pengolahan gambar dan produksi animasi dilakukan proses editing untuk menuntaskan seluruh materi yang dibuat salah satu pekerjaan yang dilakukan pada proses editing diantaranya...
a. Peletakkan teks credit tittle
b. Pembuatan gerakan
c. Penyelarasan alur cerita
d. Penyelarasan script dengan adegan
e. Penyelarasan suara dan backsound

53. Kumpulan dari berbagai media yaitu gambar, video, teks dan suara yang diolah secara digital melalui sebuah perangkat komputer sehingga menghasilkan sesuatu yang diinginkan merupakan pengertian dari..
a. Desktop kondising
b. Digital Illustration
c. Digital painting
d. Komputer grafis
e. Video editing

54. Selama masa pandemi Covid-19 siswa ditugaskan untuk mencermati karya-karya seni lukis melalui web sebuah museum seni rupa. Pembelajaran daring tersebut dilakukan guru untuk tujuan…
a. Membangun kesadaran positif terhadap seni lukis
b. Menambah pengetahuan tentang karya seni lukis
c. Mengeksplorasi berbagai material seni lukis
d. Meningkatkan keterampilan teknik berkarya seni lukis
e. Meningkatkan kompetensi dalam mengapresiasi seni lukis

55. Siswa diberikan tugas untuk mempresentasikan konsep dan rancangan desain publikasi untuk kebutuhan branding produk dengan jelas. Hal tersebut merupakan tugas dalam penilaian otentik yang dilakukan untuk mengukur…
a. Kemampuan siswa dalam mengenali jenis desain publikasi
b. Keterampilan siswa dalam membuat iklan publikasi produk
c. Kompetensi siswa dalam menciptakan desain publikasi untuk branding
d. Pengetahuan siswa dalam menentukan market product
e. Pengetahuan siswa dalam mengidentifikasi target audience

56. Sebagai media promosi produk pada laman media sosial maka dibutuhkan konten yang menarik netizen salah satu kelebihan dari komunikasi di media sosial yaitu…
a. Durasi panjang sehingga membutuhkan influencer
b. Durasi yang pendek dan mampu menjangkau audience yang lebih luas
c. Kurang efektif dalam durasi dan publik terbatas dalam menggunakan medsos
d. Memerlukan foto product yang bagus
e. Mudah di akses dan mendapat viewer yang banyak

57. Membangkitkan dan memelihara motivasi belajar siswa merupakan pengaturan yang diberikan guru kepada siswa agar…
a. Dorongan dan perhatian siswa dalam mempelajari materi lebih baik
b. Guru mendapatkan feedback untuk mengembangkan materi
c. Guru terdorong untuk mengembangkan proses Pembelajaran
d. Siswa dapat memahami materi dengan mudah
e. Wawasan pengetahuan siswa meningkat

58. Dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat kebutuhan materi pembelajaran seni patung dapat diakses dengan mudah oleh siswa. Untuk itu dengan menjaga kualitas pembelajaran maka guru perlu merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa mampu memahami...
a. Seluk beluk seni patung
b. Siswa mampu menciptakan karya seni patung dengan berbagai teknik dan media
c. Siswa mampu mengelaborasi gagasan, informasi dan teori seni patung dari berbagai sumber menjadi sebuah konsep penciptaan seni
d. Siswa mampu menjelaskan jenis - jenis dan sifat bahan pembuat patung
e. Siswa mampu mengevaluasi karya seni patung

59. Autocad memiliki berbagai fungsi dan kemudahan bagi yang mendalami ilmu bangunan. Arsitek maupun designer interior menjadikan autocad sebuah perangkat lunak yang wajib dipelajari. Untuk mempermudah penggunaan Autocad maka harus memperhatikan…
a. Comand line
b. Comand promt
c. Fold file
d. Interface
e. Seedsheet

60. Mengidentifikasi dan memilih jenis material merupakan salah satu indikator terkait proses memproses berikut yang terkait dengan indikator tersebut adalah...
a. Membuat patung dengan tekhnik assembling
b. Menentukan bentuk cetak patung
c. Menentukan bentuk dan ukuran patung
d. Menentukan rancangan bentuk patung
e. Merancang langkah-langkah pembuatan patung