Senin, 25 Januari 2021

Garis sebagai media Desain dasar 2 Dimensi

Garis (Basic Visual Concepts and Principles, Charles Wallschlaeger & Cynthia Busic-Snyder, Mc Graw Hill 1992).

Garis ini adalah elemen visual dasar dalam pembentukan karya seni, saluran dapat menjelaskan karakteristik permukaan, seperti nada, dan tekstur. Garis-garis dapat muncul tebal, tipis, bersahaja, aktif, ketat, atau spontan. Pada dasarnya garis terbentuk dari titik, yang bergerak dari satu posisi ke posisi lain, di sebuah ruangan. Garis tidak memiliki dimensi yang luas, atau kedalaman, ia hanya memiliki dimensi yang panjang.

Definisi

Garis dapat ditafsirkan sebagai kumpulan titik yang bergerak ke dua arah yang tidak ada habisnya.



Menurut Euclidean Geometry, garis merupakan jarak yang menghubungkan diantara dua titik.



Karakteristik garis memiliki berbagai ketebalan yang menegaskan karakter mereka, realisasi dapat berupa lurus, lengkung, tipis, tebal, padat, atau terputus-putus.


Kegunaan

Garis membagi ruang

Garis dapat digunakan sebagai pembatas area / ruang, keduanya dalam dua dimensi, dan dalam tiga dimensi. Ruang yang dibagikan oleh garis, dapat menjadi bentuk nyata (regular shape), atau bentuk yang tidak teratur (irregular shape).


Garis penunjuk arah

Garis dapat memberikan kesan gerakan dinamis. Garis juga bisa statis, aktif, atau dinamis tergantung pada lokasi dan orientasi di ruang (2D / 3D)



Garis menjelaskan bentuk

Garis dapat berupa garis tepi bentuk, menjadi bidang dua dimensi, atau jelaskan isi / volume bidang tiga dimensi. Garis juga dapat menjelaskan angka nyata atau tidak, abstrak atau representasional.



Garis mewakili karakteristik permukaan

Garis dapat ditambahkan untuk mengklarifikasi interpretasi karya visual, dan bentuk karakteristik. Garis besar (internal bentuk kontur), nada, dan tekstur dapat dibentuk menggunakan teknik gambaran garis, yang dapat menyebabkan makna, dan makna visual.


Garis membentuk pola

Ketika sensitivitas visual meningkat, ada perkembangan dalam kemampuan untuk merasakan penggunaan baris lain, dan aplikasi mereka di berbagai objek, bahan, dan bangunan di lingkungan. Dalam mempelajari seni visual, pola dapat diatur dari beberapa konfigurasi garis berulang. Teknik lain untuk memunculkan pola komposisi biasa, itu dengan membuat perbedaan pada ketebalan garis untuk menyebabkan ilusi kedalaman dan pergerakan.


Garis sebagai sistem penanda

Garis dapat digunakan tidak hanya untuk membuat angka, tetapi juga untuk membuat notasi teknis, angka, atau kode.


Garis terbentuk dari huruf

Elemen huruf dapat juga diatur untuk membentuk garis.


Garis sebagai arti ekspresi visual

Garis dapat digunakan sebagai alat yang dapat menerjemahkan ide, dan perasaan. Garis memiliki makna dan kekuatan untuk mengekspresikan kegembiraan, kesedihan, spontanitas, keanggunan, dan berbagai perasaan lainnya.


Garis membentuk ilusi ukuran, kedalaman, dan gerak

Garis dapat digunakan dengan sangat efektif dalam membuat ilusi ukuran, kedalaman, dan gerakan dalam format dua dimensi. Keragaman garis tebal, peraturan terarah, dan teknik yang tumpang tindih dapat menciptakan kesan kedalaman dan perbedaan jarak.


Garis membentuk nada

Seperti titik, garis juga dapat digunakan untuk mengelola nada, efek visual ini dapat dicapai dari perbedaan ketebalan dalam satu baris tarikan, atau pengaturan antara. Bagian yang gelap dan cerah dapat disebabkan oleh teknik ini, yang dapat menyebabkan ilusi kedalaman, pembagian luas, dan ilusi gerak.

Nah, sebagai latihan, silahkan kalian buat Garis membentuk ilusi ukuran, kedalaman, dan gerak seperti contoh berikut di sebuah kertas A4, dan kirim ke e mail




Daftar pustaka

Wong, Wucius, Beberapa Asas Merancang Trimatra, (Bandung : Penerbit ITB, 1986)

Charles Wallschlaeger & Cyinthia Busic-Snyder,Basic Visual Concepts and Principles, (Mc Graw Hill 1992).

Bates, Kenneth F., Basic Design, Principles and Practice, (Yogyakarta, 1973). 

Sanyoto, Ebdi, Nirmana Dasar-Dasar Seni dan Desain, (Yogyakarta : Penerbit Jalasutra, 2009)

Minggu, 24 Januari 2021

Kemampuan Kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Bukannya itu harus benar-benar baru, tetapi juga bisa menjadi kombinasi dari elemen yang ada. Kreativitas dapat dikembangkan dan ditingkatkan sesuai dengan kemampuan masing-masing individu.

Kreativitas berarti berani mengambil risiko, yang berani untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan dan hasilnya tidak jelas. Ini berarti Anda harus berani melakukan kesalahan secara berlebihan. Dari kreativitas itu harus mempertimbangkan semua risiko dan konsekuensi dengan cermat terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kreativitas:

1. Amati. Tujuannya adalah untuk melatih dan mempertajam ingatan Anda.

2. Membangun kreativitas berarti mengasah pikiran, dan itu berarti itu juga meningkatkan sensitivitas penginderaan pada diri kita sendiri.

3. Jangan menunda pekerjaan. Dengan persiapan waktu yang baik saat bekerja, otak akan menghasilkan pekerjaan yang optimal.

4. Ambil sudut pandang orang lain. Cobalah untuk menempatkan diri Anda dalam posisi orang lain untuk mengetahui reaksi seseorang atas tindakan yang Anda ambil.

5. Brainstorming. Itu memudahkan Anda untuk mendapatkan banyak ide dengan cepat melalui diskusi tim.

6. Belajar menjadi inovator yang baik. Anda harus selalu mencari, menyesuaikan, dan mengimplementasikan ide, baik yang baru dan lama.

7. Ubah kebiasaan dan citra diri. Jadilah orang yang progresif, kembangkan atribut dan motivasi yang dibutuhkan.

Orang kreatif dapat mendekati bervariasi dan memiliki berbagai kemungkinan penyelesaian masalah. Dari potensi kreatifnya, seseorang dapat menunjukkan hasil tindakan, kinerja / pekerjaan, baik dalam bentuk barang dan ide secara signifikan dan kualitas

Minggu, 17 Januari 2021

7 Level Kreatifitas

Alkisah selama era kerajaan Cina, ada seorang pangeran yang sakit kepala, rasa sakit yang sangat menyiksa sehingga pangeran tidak dapat melakukan kegiatan sebagai pangeran. Memiliki ratusan ahli pengobatan, dari dokter hingga dukun yang dibawa untuk merawat pangeran, tetapi rasa sakit semakin memburuk. Hingga suatu hari itu menyebar, ada dokter yang sangat terkenal dari negara yang berlawanan, kemudian kekuatan kerajaan untuk mengambil 'secara paksa' adalah tabib untuk merawat pangeran.

Singkat cerita, tabib menemukan benjolan di kepala pangeran (yang 2000 tahun kemudian dikenal sebagai tumor). Tabib mengatakan bahwa hanya ada satu cara untuk merawat pangeran, benjolan harus dikeluarkan dari kepala pangeran (yang saat ini dikenal sebagai operasi).

Tetapi karena itu disampaikan 2000 tahun yang lalu, dokter dianggap mata-mata yang ingin membunuh pangeran, dengan memberikan opium (sekarang dikenal sebagai obat-obatan) dan rencana untuk membuka kepala pangeran dianggap sebagai upaya pembunuhan. Kemudian dokter berakhir di tiang gantungan.

Kreativitas level 7 adalah ketika orang lain tidak percaya, bahkan masa lalu tidak. Di mana mungkin 2000 tahun yang lalu orang tahu tumor, tahu operasi bedah dengan memberikan anestesi.

Ketika Jack MA membuat presentasi dalam rencananya untuk menjual internet menggunakan Internet pada tahun 1985, ia dianggap gila oleh 25 orang di ruang pertemuan. Itu kreativitas level 7.

Pada 1600-an, Copernicus pertama kali menyampaikan teori bahwa Bumi itu bulat. Teori heliosentris disampaikan 400 tahun yang lalu, di mana semua orang percaya bahwa bumi itu datar dan fakta bahwa jangkauan mereka menunjukkan bahwa bumi itu datar. Kreativitas level 7 dari Copernicus mendapat oposisi dari para penguasa dan seluruh negara Romawi pada waktu itu.

Setelah kita melihat beberapa contoh kritervitas level 7, sekarang kita melihat lengkap 7 tingkat kreativitas

Level 1 Operator 

Ketika seorang siswa diberikan 10 tugas, dan semuanya dilakukan sepuluh hingga sepuluh, maka siswa dapat dipanggil memiliki kreativitas level 1, atau level terendah. Bayangkan jika siswa bahkan tidak menyelesaikan pekerjaan mereka, maka lebih rendah dari level 1. Kreativitas level 1 dapat dikatakan sebagai operator, melakukan sesuai dengan aturan dan perintah.

Level 2 menyadari

Ketika seorang siswa diberikan 10 tugas dan tidak harus bekerja, tetapi mereka melihat apakah ini membutuhkan kebutuhan atau tidak, penting atau tidak, ada efek pada produktivitas atau tidak ... maka siswa seperti ini dikatakan memiliki tingkat level 2. Mereka dapat memilah-milah yang penting dan tidak. Tidak hanya menjalankan pesanan, tidak hanya bekerja sesuai dengan prosedur

Level 3 meniru

Melihat bagaimana orang lain menyelesaikan pekerjaan, bagaimana mereka menangani masalah, maka kita meniru jalan mereka, yang disebut memiliki kreativitas level 3, yang meniru dan melakukan apa yang dilakukan orang lain. Ingat, meniru di sini berbeda dari selingkuh, yang ditiru adalah cara atau proses melakukannya, bukan hasil dari pekerjaannya.

Level 4 Modifikasi 

Ada istilah ATM, mengamati, meniru dan memodifikasi. Kreativitas Level 4 adalah ketika kita dapat mengamati apa yang dilakukan orang lain maka kita dapat melakukan lebih baik dengan cara kita sendiri.

Level 5 Kreasi 

Disebut memiliki kreativitas level 5 jika dapat menemukan cara baru yang belum pernah dilakukan orang lain. Jika orang lain melakukannya dengan A, B, C, kami dapat melakukannya dengan cara D, E, cara yang belum pernah dilakukan oleh orang lain. Istilah di luar kotak, melakukan apa yang tidak / belum / belum lakukan. Contoh Ketika orang lain membawa promosi penjualan dengan diskon, kami melakukan promosi penjualan dengan cara yang berlawanan.

Level 6 Penemu

Agak lebih tinggi dari kreasi yang melakukan hal yang sama dengan cara yang berbeda, penemu mampu menciptakan pekerjaan baru. Kreativitas Level 6 menemukan keripik dengan level pedas 1-30, Level 6 menjadikan tempat kerja publik untuk menangkap peluang yang bisa dilakukan di mana pun tidak harus ada di kantor.

Level 7 Creator.

Pada level 7, ketika kita dapat berpikir tentang apa yang orang lain tak terpikirkan, bahkan yang lain masih terlihat sebagai ketidakmungkinan. Bagaimana Wright Brothers menemukan gagasan tentang pespects terbang pada tahun 1903 orang melihatnya gila. Contoh lain dari Jack Ma Cina terkaya yang menjualnya dengan internet dianggap sebagai ide gila, Copernicus menyatakan bahwa bumi secara bulat ditentang dan dianggap menyebarkan mesum, bahkan pengajaran fisik yang harus berakhir pada tiang gantungan untuk menemukan cara pengobatan salah.

Naah sekarang kita lihat yuuk…
Kita ada di level mana?

Minggu, 10 Januari 2021

PERKEMBANGAN SENI RUPA TRADISIONAL DENGAN SENI RUPA MODERN / KONTEMPORER

A. Standar Kompetensi

1. Mengekspresi Karya Seni Rupa


B. Kompetensi Dasar

1.1 Membandingkan seni rupa tradisional dengan seni rupa modern / kontemporer

Manusia dalam periode prasejarah lebih memprioritaskan kebutuhan, yaitu melakukan perburuan dan mencari makanan, seperti umbi.

Alat-alatnya, seperti yang sekarang diketahui, di antaranya terbuat dari batu yang rusak dan tulang yang membuat-mentah menjadi pisau yang sama.  


A. SENI RUPA TRADISI

Seni rupa tradisi ini dapat dikelompokkan ke dalam

1. seni lukis 
2. seni gerabah 
3. seni prasasti
4. seni arsitektur
5. seni arca
6. seni wayang 
7. seni kriya. 

1. Seni Lukis dan Seni Hias

Sebuah lukisan di dinding sebuah gua di Sulawesi Selatan diketahui berumur 44.000 tahun.

Di Nusantara, seni atau perhiasan memegang peranan penting sejak zaman prasejarah hingga sekarang.
Corak cat atau hiasan di kepulauan mempunyai banyak keseragaman, terutama corak geometri yang mempunyai sifat universal.  

2. Seni Gerabah (Tembikar)



Gerabah mulai berperan dalam waktu manusia untuk mengenali pertanian dan mengalami kemajuan teknis selama periode tersebut.

Objek ini umumnya digunakan sebagai tempat untuk menyimpan makanan, memasak, menyimpan air, dan juga dapat digunakan sebagai kuburan.  

3. Seni Prasasti

  

Prasasti ini biasanya digunakan sebagai pengabdian pada peristiwa yang sangat penting, seperti penakluk raja, penaklukan rantau ini, dan pertukaran utusan untuk kepentingan tertentu. 

4. Seni Arsitektur

  

Dalam hal fungsinya, seni arsitektur setidaknya dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu bangunan suci dan bangunan pribadi. 

5. Seni Patung atau Arca 

  


Patung atau Arca dibuat pada kebutuhan akan ibadah. Selain itu, seni patung terkait erat dengan kuil atau tempat ibadah. 

6. Seni Kriya

  


Seni ini dilakukan oleh satu kelompok yang sering disebut sebagai pengrajin. Data ini dapat dilihat pada relief candi, misalnya kegiatan pengrajin yang membuat toples dapat ditemukan di tutup leg tutup candi Borobudur.


B. SENI RUPA MODERN

Fitur umum seni modern adalah semangat untuk terus-menerus memperbarui yang ada. Dia menjadi gerakan yang tidak diakui dan terus mencari bentuk baru. 

1. Seni Rupa Modern pada Masa Awal ”Raden Saleh”

  


Dalam seni Nusantara, gerakan pembaruan menuju seni modern dipelopori oleh seorang pemuda Jawa bernama Raden Saleh Syarif Bustaman atau lebih dikenal sebagai Raden Saleh (1816-1880).

Meskipun Raden Saleh tidak memberikan penerus alirannya, dalam beberapa tahun kemudian, beberapa pelukis muncul. Beberapa bahkan telah melampaui guru dan model mereka, yaitu para naturalis Belanda atau Eropa yang datang ke kepulauan Indonesia untuk melukis "Molek Hindia" atau Mooi Indie.
 
2. Mooi Indie

Mooi Indie atau Molek Hindia adalah nama untuk fenomena seni Indonesia yang dikembangkan pada periode kedua seni Indonesia setelah Raden Saleh. Nama muncul karena umumnya seni pada waktu itu adalah lukisan lukisan alami yang indah.

Belanda mengirim banyak pelukis ke Indonesia untuk melukis pemandangan alam yang kemudian dibawa ke negara ini dan didedikasikan untuk para penguasa dan elit Belanda.

Gaya lukisan ini kemudian diajarkan kepada seniman Indonesia yang memang belajar banyak di tanah penjajah. Berikut ini adalah beberapa tokoh penting dalam seni Mooi Indie.  

Abdullah Susiosubroto (1878-1941)

   


Abdullah dapat dikatakan sebagai artis pertama yang menghubungkan rantai Indonesia yang terputus sejak kematian Raden Saleh. Pada masanya, lukisan-lukisan Abdullah mampu membawa Renavel dan perasaan romansa, bahkan menyebabkan kerinduan hidup damai; Surga yang telah hilang banyak ditelan oleh keramaian kerumunan kota. 

Mas Pringadie (1875-1936)

  

Tokoh awal lainnya adalah Mas Pringadie. Ia dilahirkan dalam keluarga Ningrat dan merupakan salah satu pelukis naturalis Indonesia yang paling berbakat. Dia belajar melukis cat air dari pelukis Belanda, du Chattel, dan kemudian menjadi guru untuk pelukis lain, seperti Sudjojono dan Suromo.

Mas Pringadie melukis pemandangan dan juga tipe orang. Lukisan itu "seni kanan", sangat teliti, indah dengan kehalusan besar dalam bentuk dan rasa. Rohnya tercermin dalam adegan ribus pantai selatan Jawa yang dicat pada tahun 1927.  

Wakidi (1888-1979)

Seorang seniman yang sekitar tahun 1960-an dianggap sebagai warga negara dari generasi lama pelukis pemandangan yaitu Wakidi.

Kuridur yang membentuk sekolah kayu tanam di Sumatera Barat. Dia yang mengajar seni selama bertahun-tahun, menghasilkan sejumlah lukisan pemandangan alam, terutama latar belakang di sekitar rumahnya, jurang, pegunungan, sungai, dan sawah dan lereng Sianok Valley di Bukit Tinggi di Sumatera Barat di Sumatera Barat. Warna coklat emas sepertinya menguasai kanvas.  

3. Persagi

   


Organisasi ini adalah Persatuan ahli Gambar Indonesia (Persagi). Persagi didirikan pada 23 Oktober 1938 oleh Sudjojono dan Agus Djaja bertindak sebagai ketua.

Persagi didirikan untuk membangun pandangan yang menetapkan seni modern Indonesia harus mencerminkan pandangan pribadi artis yang hidup di lingkungan tertentu sehingga karyanya dapat mengungkapkan gagasan budaya yang menjadi ciri suatu bangsa.  

4. Poetera dan Keimin Bunka Shidoso

  


Jepang menuntut bergaris-garis atas rakyat Indonesia dengan menekankan faktor-faktor "Asia". Salah satu upaya untuk itu adalah pembentukan poeter dan keimin bunka shidoso (KBS)

Poetera (Poesat Poesat Rakjat) adalah organisasi politik yang didirikan selama pendudukan Jepang pada tahun 1942 oleh rakyat Indonesia. Organisasi ini bertujuan untuk menggunakan "kekuatan" di masyarakat. Di bawah kepemimpinan Soekarno, Moh.Hatta, dan Ki Hadjar Dewantara, dan Kyai Hadji Mansoer, Poeter berperan penting dalam membawa bangsa ke kemerdekaan.  

5. Affandi

  


Ekspresionisme adalah aliran dalam seni yang menyoroti ekspresi seniman dalam bekerja.

Kenyataan atau objek yang dicat diproses berdasarkan spontanitas perasaan dan pandangan artis. Jadi, dalam artis aliran ini menjadi pusat penciptaan lukisan.  

6. Achmad Sadali 

  


Dari hiruk-pikuk gejolak revolusioner sampai mulai berkurang sekitar tahun 1950 yang ditandai dengan jumlah studio seni, yang diketahui kemudian dengan putaran baru dalam sejarah seni modern seni Indonesia, yaitu kelahiran seni formal yang dibuka Pelajaran teoretis dan penanaman bidang Arside semakin luas. Sektor perencanaan atau desain seni untuk sektor industri, interior, keramik, tekstil, batik dan seni kerajinan seni dikembangkan.

C. SENI RUPA KONTEMPORER

Adalah gerakan seni rupa yang tumbuh pada pertengahan dekade 1980-an. Secara umum, dapat dikatakan bahwa seni hampir tidak menunjukkan genre, terutama gaya atau isme.

Jenis seni kontemporer setidaknya terlihat dalam dua bentuk, yaitu seni instalasi dan pertunjukan seni (seni perfomean)





Selasa, 05 Januari 2021

Sketsa sebagai media studi bentuk dan warna

Seorang seniman seni rupa sangat penting memahami dan menguasai bentuk - bentuk dan warna yang ada di lingkungannya. Mereka perlu melakukan studi visual tentang semua bentuk dan warna yang ingin dijadikan subjek dalam karyanya. pelukis dan pematung sejak zaman renaisance menggunakan sketsa sebagai suatu cara melakukan studi bentuk, maka bentuk - bentuk sketsa jenis ini dibuat tidak harus utuh. mungkin dalam suatu gambar hanya ada satu atau beberapa bagian dari objek yang dipelajari. Maksudnya adalah mempelajari palstisitas, proporsi suatu objek secara mendetail. Sketsa studi ini hanya berupa garis, dengan arsiran atau ditambah dengan blok cat air untuk mendapatkan efek gelap terang untuk memunculkan plastisitas bentuk. Tanpa rajin melakukan studi melalui sketsa, ia tidak mungkin banyak memiliki perbendaharaan bentuk

Contoh Real, pernahkah kalian melihat gambar berikut?



Nah, untuk mempelajari anatomi tubuh manusia, maka sketsa diperlukan. Berikut bebrapa contoh sketsa anatomi tubuh manusia.





Sebagai latihan, buatlah sketsa tangan kalian dan kirim ke e mail, buatlah pose tangan yang menurut kalian menarik. Berikut contoh sketsa tangan yang bisa menjadi referensi kalian.








Selamat mencoba....

Referensi :






Minggu, 03 Januari 2021

Konsep kreativitas

Kreatif

1. memiliki rasa cipta; memiliki kemampuan untuk membuat;
2. (mengandung) daya cipta

Kreativitas

Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik dalam bentuk ide dan karya nyata, baik dalam bentuk karya-karya baru dan kombinasi hal-hal yang ada, yang semuanya relatif berbeda dari apa yang ada sebelumnya.

Proses kreativitas

Proses kreatif itu sendiri adalah dalam bentuk serangkaian peristiwa atau kegiatan yang kami lakukan untuk menghasilkan metode imajinatif, tetapi relevan dalam mendekati tantangan.
Menurut kreativitas Edison yang terdiri dari inspirasi 1% dan 99% partisipasi. Jadi, jika hanya ide-ide hanya tanpa proses untuk mewujudkannya, maka kreativitas tidak akan terjadi.

Tahapan kreativitas (model wallas)




a) Tahap persiapan adalah tahap awal yang berisi aktivitas pengenalan masalah, pengumpulan data yang relevan, melihat hubungan antara hipotesis dan aturan yang ada, tetapi belum menemukan apa-apa, hanya mengeksplorasi kemungkinan. Sampai batas tertentu dari keseluruhan pendidikan, latar belakang umum dan pengalaman hidup berkontribusi pada proses persiapan untuk menjadi kreatif.

b) Tahap inkubasi periode inkubasi secara luas dikenal sebagai tahap break, periode penyimpanan informasi yang telah dikumpulkan, kemudian berhenti dan tidak lagi fokus atau mencerminkannya. Kreativitas adalah hasil dari kemampuan pikiran untuk mengaitkan berbagai ide, menghasilkan sesuatu yang baru dan unik.

Dalam proses gagasan asosiasi, pikiran sebenarnya melakukan proses, termasuk yang berikut:

Memukul: Ambil satu ide dan ikuti dengan ide lain, dari kontras ide baru.

Menggabungkan: meminjam sifat aspek dua ide dan menyatukannya untuk secara bersama-sama membentuk ide baru.

Atur atau pilih: Gabungkan banyak ide untuk membentuk sintesis yang memuncak atau dasar, ide-ide baris, yang menyatukan semua elemen.

Mengenai: Dimulai dengan gambar melarikan diri dari ide baru, lalu sempit pilihan untuk mendapatkan konsep yang efektif.

Bayangkan: Menggunakan imajinasi dan fantasi untuk menghasilkan ide-ide baru dari ide-ide lama.

c) tahap pencerahan pencerahan secara luas dikenal sebagai eureka atau pengalaman "AHA", yaitu ketika menginspirasi ketika ide baru muncul dalam pikiran, seolah-olah itu dari perspektif untuk menjawab tantangan kreatif yang dihadapi.

d) Tahap implementasi / verifikasi pada tahap ini titik pembaruan seseorang memberikan formulir pada ide atau ide baru, untuk memastikan bahwa ide tersebut dapat diterapkan. Pada tahap ini ada ide yang dapat berhasil dengan cepat dan beberapa kebutuhan selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Tahapan KREATIVITAS




Persiapan
Memperdalam dalam serangkaian masalah menarik dan kebangkitan rasa ingin tahu


pengeraman (inkubasi)
Gejolak ide di bawah tingkat kesadaran, menghasilkan hubungan tertentu


Wawasan (insight)
Fase di mana telah ada pemahaman tentang masalah atau waktu ketika kami menemukan kunci jawaban dari masalah


Evaluasi
Periksa untuk mengetahui apakah solusinya berhasil atau mengalami hambatan

Elaborasi
Putuskan jawaban atas masalah yang paling tepat dan layak untuk dikembangkan, dan ubah wawasan tentang sesuatu yang nyata

Kamis, 05 November 2020

Nirmana Dwimatra (Desain Dasar 2Dimensi)

Pemahaman Nirmana

Nirmana adalah tata kelola bentuk-bentuk seperti garis, bentuk, warna dan tekstur menjadi satu unit yang terlihat indah atau memiliki dampak yang diharapkan. Kata "nirmana" berasal dari dua kata yaitu, "nir" yang berarti tanpa atau tidak, dan "yang" yang berarti bentuk, makna, atau makna. Jadi, Nirmana adalah sesuatu yang awalnya tidak memiliki bentuk atau makna dan dapat diproses menjadi pekerjaan melalui pemrosesan elemen berdasarkan prinsip / prinsip.

Dwimatra berarti dua dimensi, yang berarti bahwa Nirmana Dwimatra adalah elemen dan prinsip desain yang ditujukan untuk pekerjaan yang memiliki ruang dua dimensi. Dalam ruang ini prinsip-prinsip tidak hanya digunakan untuk menyusun pekerjaan yang indah. Tata letak prinsip-prinsip ART juga digunakan untuk mengatur Wimba (Gambar) sebagai pengungkapan makna atau pesan yang akan dikomunikasikan.

Elemen / Elemen Nirmana

NIRMANA terdiri dari beberapa elemen yang dapat diproses menjadi unit yang indah atau sesuai dengan dampak yang diinginkan saat merancang. Sebenarnya sulit untuk melihat berbagai elemen secara terpisah dalam desain atau pekerjaan nyata. Karena elemennya abstrak sebelum disatukan sehingga membentuk pekerjaan atau desain. Tetapi dengan memahami dan melihat elemen secara terpisah dari persatuan akan membuat kita lebih memahami praktik penerapan prinsip atau prinsip. Berikut adalah beberapa elemen ini:

1. Titik
2. Garis
3. Bidang
4. Volume/Bentuk
5. Ruang
6. Warna
7. Tekstur/Barik

Penjelasan masing-masing unsur dapat disimak di: