Kamis, 16 Juli 2020

Sejarah Fotografi

Fotografi berasal dari bahasa Yunani yaitu photos yang artinya cahaya dan graphos yang artinya gambar sehingga fotografi artinya menggambar dengan cahaya.

Fotografi adalah salah satu bentuk komunikasi visual modern, ia dapat memudahkan pemahaman terhadap suatu informasi dan mampu mengatasi bahasa verbal.

Berdasarkan fungsi, ia menjadi sebuah bahasa yang dimengerti oleh seluruh dunia dan dipergunakan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk mengkomunikasikan dan mengekspresikan perasaan, gagasan, pesan, fakta, informasi dan lain – lain.

Berdasarkan fungsi, ia menjadi sebuah bahasa yang dimengerti oleh seluruh dunia dan dipergunakan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk mengkomunikasikan dan mengekspresikan perasaan, gagasan, pesan, fakta, informasi dan lain – lain.

Foto mengabadikan sebuah moment, yang mana kemudian, menjadi simbol sekaligus referensi yang tertancap di benak kita.

Sebuah foto harus dapat menjawab rasa kehausan akan informasi sekaligus menyentuh nilai kemanusiaan yang terpenuhi berdasarkan standar kecepatan untuk merekam peristiwa, menyampaikan isu dan kekuatan grafis.




Sejak tahun 1800, manusia bekerja keras untuk bisa mengabadikan gambar. Pada tahun 1816 Joseph Niepce, bangsa Perancis secara tidak sengaja menemukan suasana gambar diluar kamarnya dapat direfleksikan kedalam kamarnya yang gelap gulita melalui lubang disalah satu dindingnya.

Penemuan inilah yang menjadi prinsip dasar obscura atau yang biasa kita sebut kamera lubang jarum.

Namun sayangnya seluruh gambarnya terbalik, kanan menjadi kiri, kiri menjadi kanan, atas menjadi bawah, dan bawah menjadi atas.




Prinsip dasar kamera

Tahun 1822 Joseph Niepce melanjutkan penelitiannya hingga menghasilkan kamera pertama yang disebut obscura atau yang lebih kita kenal sebagai kamera lubang jarum. Penelitiannya tidak berhenti hanya sampai disana, karena pada tahun 1826 ia membuat foto permanen pertama. Foto itu dibuat dari lapisan bahan kimia dengan campuran timah hitam dan timah putih.


foto tercetak pertama yang berhasil dibuat dalam sejarah umat manusia. Foto itu diberi judul view from the window at le Gras dibuat pada tahun 1826. Dibawah ini merupakan fotonya.

Berbeda dengan Joseph Niepce, seorang bangsa Perancis bernama Louise Daguere pada tahun 1935 membuat foto dengan menggunakan piringan basah. Pada tahun yang sama untuk pertama kalinya ia juga mempergunakan istilah fotografi, yang diambil dari bahasa Yunani yaitu photos yang artinya cahaya dan graphos yang artinya gambar. Jadi fotografi artinya kurang lebih menggambar dengan mempergunakan cahaya.


Gambar yang diambil Daguerre ini dibuat pada sekitar akhir tahun 1838 atau awal tahun 1839. Diberi judul Boulevard du Temple dan merupakan foto pertama yang menampilkan citra manusia di dalamnya.




Fotografi kemudian berkembang dengan sangat cepat. Menurut Szarkowski dalam Hartoyo (2004: 22), arsitek utama dunia fotografi modern adalah seorang pengusaha, yaitu George Eastman. Melalui perusahaannya yang bernama Kodak Eastman, George Eastman mengembangkan fotografi dengan menciptakan serta menjual roll film dan kamera boks yang praktis, sejalan dengan perkembangan dalam dunia fotografi melalui perbaikan lensa, shutter, film dan kertas foto.







Sketsa

Apa itu sketsa ?


Sketsa adalah gambar kasar dan terang yang digunakan untuk memulai atau sebagai kerangka kerja lukisan. Sketsa dapat dibagi menjadi 2, yaitu: seni murni tetapi fungsinya juga dapat diterapkan seni.

A. Seni murni adalah seni yang hanya digunakan sebagai penghias, terlepas dari fungsinya dan kegunaannya.

b. Seni Terapan adalah seni yang selain memperhatikan keindahannya juga memperhatikan fungsinya dan kegunaannya.

Memahami sketsa menurut para ahli

Untuk lebih memahami sketsa apa, kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut:

1. OESMAN EFFENDI.
Menurut Oesman Effendi, definisi sketsa adalah kombinasi dari proses melihat, perasaan, hidup, berpikir, berekspresi, empati, dan berperilaku. Dengan begitu, sketsa melibatkan kedalaman jiwa dan sensitivitas intuisi seseorang terhadap suatu objek yang akan direkam.

2. Tapi Muchtar.
Menurut tetapi Muchtar, pemahaman sketsa adalah ekspresi paling penting dalam seni dan berfungsi sebagai media dalam proses kreativitas dan pada saat yang sama pekerjaan.

3. Eko Agus Prawoto
Menurut Eko Agus Prawoto, makna sketsa adalah desain awal atau perencanaan ketika akan membuat lukisan. Sketsa adalah gambar sementara di atas kertas atau kanvas yang digunakan sebagai awal untuk membuat lukisan asli yang sebenarnya.

4. H. W. Bunga
Menurut H. W. Flower, sketsa adalah gambar atau lukisan pendahuluan, ringan, yang dibuat tanpa persiapan apa pun.

5. Kamus Besar Indonesia (KBBI)
Menurut KBBI, pemahaman sketsa adalah lukisan cepat (hanya garis besar); gambar desain, rengan, rencana, grafik; Keuangan dengan kata-kata yang berkaitan dengan sesuatu dalam bentuk garis besar, penulisan singkat, dan ikhtisar singkat.



Jenis - jenis sketsa

Jenis sketsa ditinjau dalam hal budidaya dibagi menjadi 3, yaitu:

a. Gambar garis besar menggambar garis bentuk sederhana tanpa detail dan belum selesai.

b. Sketsa cepat, yaitu menggunakan beberapa baris hanya untuk memberikan gambar sketsa jadi.

c. Studi Citra, yaitu sketsa dalam bentuk goresan cepat dan kurang rinci (hanya menunjukkan bentuk global)

Apa elemen pembangun dalam sketsa?

a. garis
b. Warna
c. Bidang dan bentuk
d. gelap terang

Apa teknik sketsa?

a. Arsir




yaitu teknik membuat sketsa dengan membuat garis murni. Teknik arsir dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu; arsir sejajar, arsir silang, dan gabungan keduanya. Berikut adalah contoh sketsa dengan teknik arsir

b. Teknik Dussel

Adalah teknik sketsa yang hampir mirip dengan teknik arsir, tetapi untuk teknik Dussel yang terlihat kabur karena disempurnakan oleh sapuan tangan, kapas, tisue atau bahan-bahan halus lainnya.




c. Tenik pointilis

Adalah suatu teknik sketsa menggunakan gabungan titik-titik menjadi suatu bentuk dan mengahsilkan gelap-terang suatu objek



d. Tekhnik Block

Adalah membuat sketsa dengan menutup objek gambar dengan menggunakan satu warna, sehingga hanya terlihat umum / bentuk global. Ini adalah contoh sketsa dengan teknik blok;

Rabu, 15 Juli 2020

Dasar – dasar Kreativitas

Konsep Kreativitas

Pemahaman kreatif
1. memiliki hak cipta; memiliki kemampuan untuk membuat
2. (mengandung) hak cipta

Definisi kreativitas

Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik dalam bentuk ide dan karya nyata, baik dalam bentuk karya-karya baru dan kombinasi hal-hal yang ada, yang semuanya relatif berbeda dari apa yang ada sebelumnya.

Teknik untuk memacu munculnya kreativitas
a. Membaca aktif,
b. Senang melakukan ulasan,
c. berapresiasi
d. mencintai nilai seni,
e. terbuka untuk pengembangan,
f. menghasilkan sejumlah karya,
g. dapat memberikan contoh hal-hal yang dibutuhkan orang lain.

Karakteristik Kreativitas (Utami Munandar)

A. Karakteristik kognitif (bakat) kreativitas
     Terdiri dari orisinalitas, fleksibilitas, fleksibel dan kelayakannya.
B. Karakteristik non-kognitif kreativitas
     Termasuk motivasi, kepribadian, dan sikap kreatif.

Kreativitas yang baik yang mencakup karakteristik kognitif dan non-kognitif adalah salah satu potensi penting untuk dipupuk dan dikembangkan.

Kucing: Prof. Hansel Sukarni Catur Utami Munandar adalah seorang penulis yang lahir di Leiden. Profesor Fakultas Psikologi UI adalah dosen serta seorang psikolog yang menekankan studi tentang pengetahuannya di bidang psikologi pendidikan.

Karakteristik Kreativitas (Depdiknas)

a) menunjukkan keingintahuan luar biasa,
b) menciptakan berbagai macam berbagai dan jumlah ide untuk menyelesaikan masalah,
c) sering menyerahkan respons yang unik dan cerdas,
d) Berani mengambil risiko,
e) seperti mencoba,
f) peka terhadap aspek keindahan dan anestesi lingkungan.

Tahapan Kreativitas (Model Wallas)

1. Tahap persiapan
Ini adalah tahap awal yang berisi aktivitas pengenalan masalah, pengumpulan data informasi yang relevan, melihat hubungan antara hipotesis dan aturan yang ada, tetapi belum menemukan apa pun, hanya mengeksplorasi kemungkinan. Sampai batas tertentu dari keseluruhan pendidikan, latar belakang umum dan pengalaman hidup berkontribusi pada proses persiapan untuk menjadi kreatif.

2. Tahap inkubasi
Masa inkubasi secara luas dikenal sebagai jeda, periode penyimpanan informasi yang telah dikumpulkan, kemudian berhenti dan tidak lagi berkonsentrasi atau merenungkannya. Kreativitas adalah hasil dari kemampuan pikiran untuk mengaitkan berbagai ide, menghasilkan sesuatu yang baru dan unik.

Dalam proses gagasan asosiasi, pikiran sebenarnya melakukan proses, termasuk yang berikut:

A. Menjajarkan: Ambil satu ide dan ikuti dengan ide lain, dari kontras ide baru.
b. Menggabungkan: meminjam sifat aspek dua ide dan menyatukannya untuk secara bersama-sama membentuk ide baru.
c. Atur atau pilih: Gabungkan banyak ide untuk membentuk sintesis yang memuncak atau dasar, ide-ide baris, yang menyatukan semua elemen.
d. Mengenai: Dimulai dengan gambar melarikan diri dari ide baru, lalu sempit pilihan untuk mendapatkan konsep yang efektif.
e. Bayangkan: Menggunakan imajinasi dan fantasi untuk menghasilkan ide-ide baru dari ide-ide lama.

3. tahap pencerahan
Tahap pencerahan ini dikenal luas sebagai pengalaman Eureka atau "AHA", yaitu ketika menginspirasi ketika ide baru muncul dalam pikiran, seolah-olah akan dari saksi untuk menjawab tantangan kreatif yang dihadapi.

4. Tahap implementasi / bukti
Pada tahap ini titik awal seseorang memberikan bentuk pada ide atau ide baru, untuk memastikan bahwa ide tersebut dapat diterapkan. Pada tahap ini ada ide yang dapat berhasil dengan cepat dan beberapa kebutuhan selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Konsep Kreativitas

1. Kreativitas sebagai suatu proses

Kreativitas adalah proses yang menghasilkan sesuatu yang baru, apakah ide atau objek dalam bentuk atau pengaturan baru

Proses kreatif sebagai munculnya tindakan produk baru yang tumbuh dari keunikan individu di satu sisi, dan dari insiden, orang, dan situasi kehidupan yang dia pilih.

Selasa, 02 Juni 2020

Pekerjaan yang cocok untuk lulusan DKV

Sekolah jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Banyak yang mengatakan keren, kan?

Nah, masalah sebenarnya muncul setelah lulus. Banyak orang yang bingung melakukan apa setelah lulus? Perguruan tinggi lebih lanjut atau bekerja? Menjadi karyawan atau freelance? Apa pekerjaan? Dimana kamu bekerja? Dan masih banyak pertanyaan lain.

Oke, dalam disini saya ingin membagikan pendapat tentang pekerjaan apa yang cocok untuk lulusan DKV.
Ya, memang Anda bisa bebas menentukan pekerjaan yang Anda sukai, meskipun di luar ruang lingkup DKV. Tapi, sayang aja jika Anda membuang pengetahuan Anda yang anda dapatkan selama tiga tahun sekolah.

Oleh karena itu, berikut ini adalah bebrapa pekerjaan dalam lingkup DKV yang dapat saya rekomendasikan untuk Anda. Semua pekerjaan ini adalah pekerjaan "dasar" (dasar) yang cocok untuk lulusan baru. Beberapa pilihan kerja bahkan dapat dilakukan di kantor dan freelance. Cukup pilih minat yang sesuai dan kemampuan Anda.

1. Desainer Grafis


Pekerjaan pertama dan yang paling sering diambil oleh lulusan DKV adalah desainer grafis. Profesi ini menggunakan semua pengetahuan yang telah dipelajari selama pembelajaran DKV. Karyanya merancang grafik dari kombinasi beberapa elemen desain (warna, ilustrasi, tipografi, dll.) Menggunakan prinsip desain (keseimbangan, kesatuan, keberlanjutan, dll.) Istilah ini adalah paket lengkap!

Desainer grafis bekerja dalam lingkup yang sangat luas. Itu dapat ditempatkan di bidang media (elektronik, cetak, digital), layanan (iklan, fotografi, dll.) Dan bahkan manufaktur (tekstil, otomotif, elektronik, dll.). Pekerjaan ini juga diperlukan dalam membuat proses branding terhadap perusahaan atau produk.

2. Ilustrator


Berbeda dengan desainer grafis yang merupakan paket lengkap, Illustrator hanya mengkhususkan diri dalam bidang ilustrasi. Profesi ini bekerja dengan memproses informasi / menulis dalam bentuk gambar / ilustrasi yang menarik. Kemudian, ilustrasi yang telah dilakukan sebelumnya akan digunakan di bidang atau media tertentu.

Lingkup pekerjaan dari Illustrator juga cukup luas. Itu dapat membuat ilustrasi untuk buku, iklan, koran, produk branding, lukisan, mural, poster, dan banyak lagi. Setiap ilustrator biasanya memiliki gaya gambar yang khas. Teknik dan alat yang digunakan berbeda, tetapi biasanya dikelompokkan ke dalam dua kategori: digital dan manual.

3. Komikus



Pada dasarnya, komik adalah perkembangan dalam ilustrasi. Komik itu sendiri adalah serangkaian gambar yang disusun sedemikian rupa untuk membentuk sebuah cerita. Biasanya gambar-gambar ini dimasukkan ke dalam beberapa panel (kotak) yang dilengkapi dengan balon teks.

Jika Anda suka membaca dan menggambar komik, maka pekerjaan sebagai komik dapat dipilih. Saat ini, pengembangan industri komik di Indonesia cukup cepat. Transisi dari komik cetak ke komik digital mulai dirasakan, karena banyaknya munculnya platform komik web baru. Bersiaplah, jika komik Anda terkenal, Anda akan mendapatkan banyak penggemar!

4. Fotografer


 
Bagi Anda yang suka cekrak - cekrek (bukan selfie!), Dapat memilih profesi sebagai fotografer. Profesi ini bekerja dengan menangkap momen dalam bentuk foto. Alat yang digunakan dari kamera tentu saja (bersama dengan peralatan pendukung lainnya).

Ada banyak teknik fotografi yang harus dikuasai sehingga mereka dapat menghasilkan foto yang bagus. Objek yang diambil juga bervariasi, mulai dari pemandangan, manusia, produk, dan banyak lagi. Foto-foto ini biasanya digunakan di berbagai media, seperti majalah, surat kabar, artikel di Internet, dan iklan.

5. Videografer


Berbeda dengan foto yang statis (hanya dalam bentuk gambar diam), video memiliki sifat dinamis (dalam bentuk gambar bergerak) .Video adalah teknik manangkap momen berupa audio visual. Orang yang memproduksi video disebut videografer.

Profesi sebagai videografer saat ini dicintai oleh banyak anak muda. Berangkat dari YouTube yang fenomenal, sekarang orang bersaing untuk menghasilkan video dengan kualitas yang baik (secara visual dan konten). Pekerjaan semacam itu sangat dibutuhkan dalam film industri, periklanan, media dan hiburan.

6. Perancang Website



Desainer Situs Web (Web Designer) adalah profesi yang mengharuskan keahlian menciptakan konten presentasi (biasanya dengan hypertext / hypermedia), yang dikirim ke pengguna akhir melalui World Wide Web, dengan menggunakan browser web atau perangkat lunak yang mendukung Web lainnya Seperti televisi internet, microblogging, RSS, dan sebagainya.

Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang menyukai tata letak suatu objek. Perancang situs web berfungsi untuk mengatur tampilan (visual) dari konten situs web, mulai dari teks, gambar, video, hingga efek menarik lainnya. Profesi ini diperlukan di hampir semua perusahaan, media dan layanan. Karena di era Internet seperti sekarang, situs web telah menjadi persyaratan utama.

7. Pengajar



Pilihan profesional terakhir adalah seorang pendidik, baik guru dan dosen. Alasannya, ya ... sehingga pengetahuan yang Anda dapatkan tidak sia-sia! Bukankah berbagi pengetahuan kepada orang lain adalah hal yang baik? Sesuai dengan ajaran salah satu agama "Sebarkan ilmu meskipun satu ayat"

Mungkin Anda pikir jenis pekerjaan ini lebih rendah dari semua profesi sebelumnya. Tapi percayalah, menjadi personel mengajar bukanlah hal yang mudah. Perlu komitmen tinggi, bakat, minat, kualifikasi akademik, dan kompetensi yang sesuai dengan bidang yang diambil. Selain itu, mereka bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pendidikan dari generasi mendatang.

Itulah beberapa pilihan profesional yang dapat Anda ambil setelah lulus dari Jurusan Desain Komunikasi Visual. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih jalur karier setelah lulus dari Jurusan Desain Komunikasi Visual. Apa pun pilihan Anda, semoga itu yang terbaik. Semoga harimu menyenangkan!

Selasa, 31 Maret 2020

Basic Kinemaster

Assalamualaikum wr wb
Kali ini saya akan membahas tentang dasar mengedit di Kinemaster

Biasanya saya menyarankan record 3 detik sebelum action dan 3 detik setelah cut
Dan saya selalu dengan kode tangan saja, bukan suara
Hal ini agar memudahkan memotong video dan suara kita tidak masuk ke video
Karena prinsipnya, lebih baik ambil video lebih lama ketimbang kurang waktunya

Tampilan awal akan seperti ini

Lalu pilih ini

Pilih foldernya lalu pilih filenya

Bila kinemasternya tidak support Full HD (1920-1080 pixel) atau Full High Definition maka akan dibuat salinan ukuran High Definition atau HD (720-576 piksel)

Proses pengurangan kualitas

Tidak disarankan merekam dlm format portrait
Tapi klo udah terlanjur, bisa di rotate, caranya pilih videonya, trus pilih yang di tunjuk garis biru



Bisa di putar ke kiri atau ke kanan sesuai selera


Berikutnya kita akan membahas tentang crop atau memotong video

menu potong video

potong dan buang bagian depan

potong dan buang bagian belakang

hanya potong tanpa membuang

Berikutnya kita membahas cara memberi transisi

Pilih sisipan video

pilhan menu transisi sesuai selera

Berikutnya kita bahas cara mengolah suara

Menu pengaturan suara video

fitur pengaturan volume



Atur volume sesuai kebutuhan

Menu untuk memisahkan suara dengan video

Video dan suara sudah terpisah

Klik bagian luar agar tidak memilih video atau suara

Pilih menu audio/suara

Silahkan pilih masukan musik, dapat merekam suara (dubbing) bisa juga efek suara, aset suara dan effect dapat di download

Berikutnya kita bahas cara pengaturan umum

Pilih menu berikut

Penguatan dan pelemahan audio

Penguatan dan pelemahan video

Penguatan audio/video gunanya adalah membuat tampilan awal dari gelap/tiada video/audio menjadi perlahan muncul

Pelemahan audio/video gunanya adalah membuat tampilan akhir dari ada video/audio menjadi perlahan menghilang


Berikutnya kita bahas cara memberikan Teks

Pilih menu lapisan

Pilih menu teks

Masukan teks

Teks akan muncul

Posisikan teks sesuai kebutuhan

Jenis font dapat di rubah sesuai selera


Tahap akhir adalah mengekspor semua pekerjaan kita kedalam sebuah file

Pilih menu share

Akan muncul lampilan ini



- Garis biru untuk menentukan ukuran video
- Garis merah untuk menentukan frame per second/keceparan gerak video per detik
- Garis kuning untuk menentukan kualitas video
- Garis hijau untuk mulai eksport

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba
🙏🙏🙏