Sabtu, 27 Maret 2021

TUHAN yang sejati

Ketika AKU menciptakan langit dan bumi
AKU berfirman "dan jadilah"
Ketika AKU menciptakan pria
AKU membentuknya dan meniupkan nafas kehidupan ke dalam dirinya
Tetapi kau wanita
AKU menghiasmu
AKU membiarkan pria tertidur nyenyak sehingga AKU dapat dengan sabar dan sempurna membentuk kau

Dari satu tulang AKU menghiasmu
AKU memilih tulang rusuk yang melindungi kehidupan pria, melindungi jantung dan paru - paru sebagaimana yang harus kau lakukan
Dari satu tulang ini AKU membentukmu dengan sempurna dan cantik

Sifatmu KUbuat seperti tulang rusuk
Kuat tetapi lembut dan mudah patah
Kau menyediakan perlindungan untuk organ paling lembut dari pria
Hati dan jantungnya
Ya...
Jantungnya!
Pusat dari kehidupanya
Paru - paru menggenggam nafas kehidupan

Tulang rusuk akan membiarkan dirinya patah sebelum ia mengizinkan kerusakan terjadi pada jantung
Dukunglah pria sebagaimana tulang rusuk melindungi tubuhnya
Untuk berdiri disampingnya dan di peluk dengan erat

Kau adalah malaikatKU yang sempurna
Kau adalah gadis kecilKU yang cantik
Kau telah tumbuh menjadi wanita yang sempurna
Dan mataKU terpuaskan ketika AKU melihat hatimu

Matamu indah saat melihat keagunganKU
Bibirmu sangat cantik saat mengucapkan doa
AKU telah memberi perhatian pada wajahmu saat kau tertidur
AKU menggenggam hatimu dekat denganKU

Adam berjalan bersamaKU di hari yang dingin dan dia kesepian
Dia tak dapat melihat ataupun menyentuhKU
Semua yang AKU ingin Adam berbagi denganKU, AKU membentuknya di dalam Hawa
KekuatanKU
KemurnianKU
CintaKU
PerlindunganKU
dan dukunganKU

Kau istimewa karena kau adalah perwakilanKU
Pria melambangkan cintaKU
Wanita melambangkan perasaanKU

Pria
Perlakukan wanita dengan baik
Cintailah dia
Hormatilah dia dengan kelembutannya
Menyakitinya berarti kau menyakitiKU
Jika kau menghancurkanya kau hanya menghancurkan hatimu sndiri

Wanita, dukunglah pria dalam kasederhanaan
Tunjukkan kepadanya kekuatan perasaan yang telah AKU berikan kepadamu
Dalam kesunyian tunjukkan kekuatanmu
Dalam cinta tunjukkan kepadanya bahwa kau adalah tulang rusuknya
Bersama - sama...
Kalian melambangkan...
TUHAN YANG SEJATI

Nasihat Sang IBLIS

Suatu hari TUHAN bersabda kepada MUSA
"Pergilah minta nasihat dari IBLIS"
Maka MUSA pun pergi menemui IBLIS dan setelah sampai padanya, ia pun minta padanya
"Senantiasa ingatlah",
kata IBLIS,
"Akan kaidah sederhana ini : jangan bilang AKU, agar kau tak akan menjadi seperti AKU"
Lanjutnya
"Selama masih tinggal dlm dirimu sedikit rasa cinta diri sendiri, maka kau akan ikut juga dlm ketidaksetiaan.
Kemalasan ialah rintangan ke JALAN RUHANI ; tetapi jika kau berhasil melintasi rintangan ini, maka sebentar saja seratus AKU akan pecah kepalanya.
Semua pun melihat kesombongan dan kebanggaan diri yang ada padamu, kebencian, iri hati dan kemarahanmu, tetapi kau sendiri tak melihatnya.
Ada sudut dalam dirimu yang penuh dengan naga, dan karena lalai, kau dikorbankan pada mereka ; dan kau manjakan mereka serta kau pelihara mereka siang dan malam.
Maka bila kau sadar akan keadaan bathinmu, kenapa pula kau tinggal begitu tak perduli?"
IBLIS pun menambahkan
"Oh kau yg berubah di setiap saat, kau seperti Fir'aun sampai ke akar akar rambutmu.
Tetapi jika kau hancurkan SANG AKU dalam dirimu sehari saja, maka kegelapan yang meliputimu akan menjadi terang.
Jangan ucapkan kata AKU.
Kau akan terperosok ke dalam seratus kejahatan lantaran AKU-AKU mu, dan kau akan selalu tergoda oleh AKU"

Berwarna

Dari semesta dunia kupilih kau semata
Adakah kau anggap layak bagiku untuk duduk penuh duka?
Dari diriku kadang kau tumbuhkan duri, kadang mawar
Kadang kucium mawar, kadang kupetik duri
Kalau kubuat aku tetap demikian, tetaplah aku demikian
Kalau kau kehendaki aku demikian, jadilah aku demikian
Hatiku bagai kanvas ditanganmu
Dalam palet itu, dimana kau berikan warna pada hatiku
Lantaran kaulah hatiku BERWARNA
Bagaimana jadinya hatiku?
Karya apa yg akan kau buat dihatiku?

Kamis, 04 Februari 2021

Menggambar wajah

Menggambar adalah salah satu pelajaran yang menyenangkan bagi mayoritas orang. Sejak awal anak-anak telah diperkenalkan dengan kegiatan menggambar. Tidak hanya mendapatkan pelajaran akademis, banyak sekolah juga memberikan kelas menggambar kepada murid-muridnya.

Banyak orang tua bahkan telah memberikan kebebasan kepada anak-anak mereka lebih awal untuk menjadi kreatif di atas kertas dan pensil pensil. Meski tidak teratur, ketika anak itu benar dia sedang dalam proses belajar.

Tetapi tidak semua orang memiliki minat dalam menggambar sejak kecil. Ada juga yang baru yang memiliki minat dalam menggambar ketika mereka dewasa. Tidak ada yang salah dalam proses pembelajaran. Tidak pernah terlalu terlambat dalam belajar, itulah kata pepatah. Bagi Anda, tidak perlu khawatir jika Anda baru tertarik menggambar.

Ada beberapa cara untuk menggambar orang yang dapat dilakukan, bersama dengan panduan ini kita akan mencoba menggambar wajah manusia dengan teori proporsi wajah manusia secara global.

Sebelumnya hal yang perlu Anda persiapkan adalah pensil. Jika Anda dapat menggunakan pensil HB agar mudah dihapus. tapi setelah itu, jangan lupa tebalkan dengan pensil 2B, 4B, 6B dan bahkan 8B. Berikut adalah langkah-langkah dasar dalam menggambar wajah manusia secara global

Langkah pertama

Buat lingkaran, kemudian buat garis vertikal di tengah lingkaran. Setelah itu Anda membuat garis seolah-olah Anda akan membuat dagu. Cobalah simetris sehingga wajah terlihat rapi.




Langkah kedua

Selanjutnya Anda dapat menggunakan penggaris untuk mengukur jarak di wajah. Ini diperlukan agar ukurannya lebih nyata dan tidak besar atau kecil di satu bagian wajah. Teorinya adalah

Lingkaran wajah dibagi dua, mendapatkan posisi mata atau dengan kata lain, posisi mata adalah setengah dari ukuran wajah.




Langkah ketiga

Buat gambar mata pada garis tengah. Ukuran kanan dan kiri sama. kemudian buat hidung, posisinya adalah 1/2 dari mata hingga dagu, mendapatkan posisi bawah hidung.


Langkah keempat

Buatlah alis, posisinya 3/4 dari ujung atas kepala dan mata, mendapatkan posisi alis.


Langkah kelima

Buatlah bibir, posisinya pada 1/2 dari ujung bawah hidung ke ujung bawah wajah/dagu akan mendapatkan posisi mulut/bibir.


Langkah keenam

Anda dapat menambahkan telinga ke kanan dan kiri wajah. Buat telinga yang memiliki tinggi dari posisi mata ke ujung bawah hidung. Anda dapat menambahkan dekorasi seperti rambut sesuai dengan keinginan dan imajinasi Anda.


Nah, bila sudah mencobanya, silahkan kirimkan hasilnya ke agustim.saptoadjie@gmail.com ya....
Selamat mencoba...

Minggu, 31 Januari 2021

Sejarah Seni Rupa Timur

Peradaban Seni Timur meliputi peradaban tertua di dunia. Munculnya peradaban Mesopotamia dan Mesir adalah tanda kekuatan besar yang pernah populer pada masanya.

Secara garis besar, tidak semua seni Timur berhubungan dengan aspek spiritual, tetapi sebagian besar memang berbicara tentang spiritual. Hal ini karena karakteristik utama seni Timur adalah idealisme spiritual dan pernyataan identitas. Alasan lain karena Timur dinilai dengan nuansa spiritual yang kuat, manusia bukan sumber utama kehidupan tetapi ada kekuatan yang lebih besar daripada kekuatan manusia.

Lain halnya dengan seni Rupa Barat yang dimulai dari peradaban prasejarah, pembahasan seni Timur akan dimulai dari Mesir, Mesopotamia, India, Cina, Jepang dan Seni Islam. Meskipun belum termasuk semua sejarah pengembangan seni Timur, aspek-aspek historis dengan melihat peradaban di atas akan membebaskan kita untuk memahami seni Timur pada umumnya.


MESOPOTAMIA 



Mesopotamia merupakan kerajaan di Persia yang terletak di daerah Syria timur, dan Iraq. Mesopotamia artinya dataran diantara dua sungai, yaitu diapit oleh Sungai Tigris dan Euphrates. Peradabannya dikenal paling tua sejak 7000 Sebelum Masehi. (Microsoft® Encarta®, 2005).


SENI PATUNG



Stella Hammurabi adalah tugu batu yang memuat undang-undang/hukum tertulis Hammurabi. Hammurabi merupakan raja Babilonia yang mempersatukan suku bangsa yang berbeda di Mesopotamia sekitar tahun 1792 sampai 1750 SM, Gambar menunjukan ia sedang menerima undang-undang dari dewa matahari. (Microsoft® Encarta®, 2005).

RELIEF




Istana Mesopotamia masa lampau mempunyai sejumlah relief yang diukir dari batu pualam putih, temanya pemandangan dan kehidupan para raja. Relief Pembebasan terdapat di istana Dur Sharrukin ( Khorsabad), menunjukkan Sargon II ( 721-705 SM) dengan salah satu (Microsoft® Encarta®, 2005).

GUCI / JAMBANGAN 


 
TERRA - COTTA adalah jambangan yang ada di Musium Irak, Baghdad dari Periode Neolithic antara 5000 dan 3000 SM. Ditemukan Timur tengah, jambangan memperlihatkan suatu disain seni Persia masa lampau. dekorasi menonjolkan binatang atau mencari ikan. Sebab suku bangsa lain pengembara masa lampau di timur tengah tidak meninggalkan apapun arsip tertulis atau monumen permanen. (Microsoft® Encarta®, 2005).

SUMERIAN MEDICAL TEXT




Kultur Dan Bahasa masa lampau mengungkap suatu rahasia pada pertengahan tahun 1850an ketika ahli arkeologi mulai membongkar tempat menyembunyikan tablet tanah liat lebar, seperti yang ini, di  Iraq. Tablet ini diperkirakan berusia 4000 tahun dan diketahui berisi pengetahuan tertua dunia pedoman medis. (Microsoft® Encarta®, 2005).

CUNIFORM



Orang-Orang Mesopotamia masa lampau merekam dokumen penting dalam tulisan berbentuk paku, suatu sistem menulis pada tanah liat atau tablet batu yang mungkin dimulai Sumeria lebih dari 4,000 tahun yang lalu. Koleksi tablet tulisan berbentuk paku di Mesopotamia difungsikan seperti perpustakaan dikenal yang paling awal. Bettmann ARSIP Microsoft® Encarta® Perpustakaan Acuan 2005.© 1993- 2004 Microsoft Korporasi. Hak cipta dilindungi.

BANGUNAN



Batu Pintu-Pintu masuk/keluar dan 13 yang 72 kolom batu raksasa yang pertama mendukung balai Apadana , atau hall/aula pendengar, pada Persepolis masih berdiri hingga hari ini. MasingMasing kolom adalah 20 m ( 66 ft) tingginya dan terdapat binatang berkepala dua ada di puncak tiang. Iklim yang kering memelihara sebagian besar arsitektur, dan ahli arkeologi sudah membongkar dan memugar banyak dari reruntuhan.  Ali Issari Microsoft® Encarta® Perpustakaan Acuan 2005.© 1993-2004 Microsoft Korporasi. Hak cipta dilindungi.

THRONE HALL RELIEF


Persepolis Relief yang diukir banyak dari pintu batu dan kosen pintu jendela pada Persepolis di Iran, termasuk pintu masuk ini kepada Hall/Aula Tahta. Hall/Aula Tahta telah dimulai oleh raja Xerxes  pada awal abad ke 5 SM sebagai tempat untuk menerima mengunjungi wakil dari semua negara-negara yang dikuasai oleh Kerajaan Persia. Raja ditunjukkan didudukkan di puncak relief sebagai dignitary pendekatan. Bridgeman Perpustakaan Seni, London/New York Microsoft® Encarta® Perpustakaan Acuan 2005.© 1993-2004 Microsoft Korporasi. Hak cipta dilindungi.

RUINS OF BABYLON




Kota besar Babilonia pada masa lampau, terletak di sungai Euphrates (dekat Baghdad sekarang). Hulton Deutsch Microsoft® Encarta® Perpustakaan Acuan 2005.© 1993- 2004 Microsoft Korporasi. Hak cipta dilindungi.

HANGING GARDEN




Lukisan Hanging Gardens of Babylons ini dibuat oleh seniman Belanda abad ke 16 Maarten van Heemskerck. Kebun Babilonia Menggantung, salah satu dari yang Tujuh Keajaiban Dunia. Secara teknis, kebun tidak menggantung, tetapi mengakar atap dan teras/tingkat-tingkat istana yang kerajaan di Babilonia. Nebuchadnezzar II, raja Chaldean, mungkin membangun kebun itu sekitar tahun 600 SM sebagai hiburan kepada Isteri Angka median nya, yang kehilangan lingkungan yang alami dari tanah tumpah darah nya. Bettmann ARSIP Microsoft® Encarta® Perpustakaan Acuan 2005.© 1993-2004 Microsoft Korporasi. Hak cipta dilindungi. Ylon

CARVED STAIRWAY OF PERSEPOLIS


Lokasi kota besar yang masa lampau Persepolis, suatu ibukota Persia masa lampau yang kini terletak di Iran, berisi sisa berbagai bangunan sangat besar. Bas-relief memahat sepanjang tangga rumah agung, diperkirakan dibuat sekitar dari abad ke 6 SM, melukiskan pengawal Persia. Corbis/Paul Almasy Microsoft® Encarta® Perpustakaan Acuan 2005.© 1993-2004 Microsoft Korporasi. Hak cipta dilindungi.

ZIGGURAT


Di lapangan kota besar Ur Mesopotamian yang masa lampau berdiri ziggurat ini ( mudbrick menara kuil religius). yang dibangun Untuk dewa bulan Nanna, ziggurat biji dari 2100an SM dan berdiri 21 m ( 70 ft) tinggi. Corbis/Dean Conger Microsoft® Encarta® Perpustakaan Acuan 2005.© 1993-2004 Microsoft Korporasi. Hak cipta dilindungi.

THE TOWER OF BABEL



The Tower of Babel (1563), karya seniman Flemish Pieter Bruegel the Elder, adalah lukisan cat minyak di atas kayu. Seniman memilih untuk mengatur menara di Belgia daripada di dataran Mesopotamia, yang menurut Alkitab lokasi menara. Konstruksi archeswithin-arches versi Bruegel menara diambil dari studi seniman di Colosseum di Roma.

TIGLATH - PILESER III



Tiglath-pileser III memerintah sebagai raja Assyria dari 745 hingga 727 SM. Selama masa pemerintahannya ia memperluas kekaisarannya hingga mencakup Suriah, Israel, Gaza, Dataran Tinggi Anatolia di Turki modern, dan, akhirnya, Babilonia.

ASHURBANIPAL




Raja Ashurbanipal, yang diwakili di sini ditemani para selir dan pelayannya, mengawasi perkembangan kesusastraan dan seni selama masa pemerintahannya, dari 669 hingga 627 SM. Raja mengumpulkan sekitar 25.000 tablet tanah liat, kayu, dan lilin di perpustakaannya di Niniwe. Perpustakaannya menyimpan literatur Asiro-Babilonia dan kamus paling awal yang diketahui. Corbis / Archivo Iconografico, S.A.

ASSYRIAN RELIEF



Relief Asiria ini, kemungkinan terbuat dari pualam, menampilkan orang-orang yang mengirimkan kayu melalui laut. Berusia sekitar 2500 tahun, di Louvre di Paris, Prancis. Sumber Daya Seni, NY / Giraudon

STATUE OF GILMESH



Raja Babilonia yang mistis, Gilgames, adalah tokoh sentral dalam epik Gilgames, salah satu karya sastra tertua yang masih ada di zaman kuno. Ditulis pada sekitar 2000 SM, epik tersebut menceritakan pencarian raja untuk penebusan setelah kehilangan sahabatnya, Enkidu. Para ahli telah mencatat pengaruh epik Gilgamesh pada Alkitab dan mitologi Yunani dan Romawi.

GLAZED BRICK PANELS FROM SUSA



Glazed-Brick ini Relief Pembebasan dari suatu binatang buas khayal menjadi bagian dari istana pada Sekitar abad ke 6 SM, di Iran sekarang ini. Penggunaan batu bata memasangi kaca biru, hijau, putih, dan menguning untuk ciptaan dari dekorasi menghias adalah suatu tradisi yang mulai Assyria masa lampau dan Babylonia. Corbis/Gianni Dagli Orti Microsoft® Encarta® Perpustakaan Acuan 2005.© 1993-2004 Microsoft Korporasi. Hak cipta dilindungi.

FIGURES FROM TELL ASMAR



Dibuat sekitar 2700 SM, patung batu ini berasal dari kota Tell Asmar di tempat yang sekarang disebut Irak. Dari Kuil Abu, patung-patung itu berdiri dalam doa yang waspada dengan mata yang lebar dan menatap yang sering ditemukan di patung Sumeria. Figur-figur itu berada di Museum Irak, Baghdād, Irak.

SUMERIAN MEDICAL TEXT



Kultur Dan Bahasa menunjukkan masa lampau tinggal suatu rahasia sampai pertengahan tahun 1850an ketika ahli arkeologi mulai membongkar tempat menyembunyikan tablet tanah liat luas, seperti yang ini, di Iraq. Tablet ini berusia sekitar 4000 tahun dan berisi yang diketahui sebagai pedoman medis tertua di dunia. Corbis/UPI Microsoft® Encarta® Perpustakaan Acuan 2005.© 1993-2004 Microsoft Korporasi. Hak cipta dilindungi.

ASHURNASIRPAL II



Ashurnasirpal II memerintah pada abad ke-9 SM dan merupakan salah satu penguasa Assyria yang paling berpengaruh. Di bawah pemerintahannya perbatasan Asiria diperpanjang dan ibu kota dipindahkan dari Asyur ke kota Calah yang telah dipulihkan. Banyak monumen Ashurnasirpal II telah digali, menjadikannya salah satu penguasa paling terkenal di Timur Tengah kuno.

PORTRAIT OF GUDEA




Gudea, yang memerintah kota Lagash di Sumeria selama tahun 2100-an SM, termasuk di antara pemimpin Mesopotamia yang paling dikenal karena banyaknya patung potret dirinya. Diukir di batu hitam keras, potret-potret ini menunjukkan lekuk bulat wajah dan beberapa otot di bawah kulit. Rijksmuseum van Oudheden, Perpustakaan Referensi Leiden Microsoft ® Encarta ® 2005. © 19

Kamis, 28 Januari 2021

Menggambar Model


Gambar adalah proses menuangkan ide seseorang melalui bahasa visual. Menggambar adalah kegiatan meniru barang, manusia, hewan, dan sebagainya dibuat menggunakan goresan pensil atau alat lain pada media dua dimensi seperti kertas, dinding dan sebagainya (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Namun, hasil kegiatan seni menggambar tidak hanya terbatas pada meniru suatu objek. Sebuah gambar dapat menyampaikan perasaan, ide, dan apa yang dirasakan sang seniman. Kita dapat melihat bagaimana kondisi perasaan dan emosi seseorang melalui gambar yang dia buat.




Pengertian

Model adalah objek gambar yang menjadi contoh dalam kegiatan gambar model. Gambar model adalah aktivitas menggambar dengan menentukan objek gambar dalam bentuk objek 3D yang di aplikasikan pada bidang 2D dengan ketentuan, kesamaan / akurasi, bentuk dan warna. Untuk menghasilkan gambar yang menarik dan sesuai perlu memperhatikan prinsip, langkah, dan teknik menggambar model yang baik dan benar. Objek model gambar sangat beragam, antara lain, seperti objek kehidupan (hewan, tumbuhan dan manusia), dan benda mati (Meja, vas bunga, kotak, dll).


Menggambar model makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tanaman memiliki tingkat kesulitan tinggi, dan hewan adalah objek gambar yang paling sulit untuk digambar. Karena pergerakan dan posisi hewan tidak dapat ditetapkan sesuai dengan keinginan kita, sehingga membutuhkan ketelitian dan fokus sang seniman.




Dalam model gambar dengan objek manusia, mereka perlu memahami karakter anatomi (posisi struktur tulang dan otot yang menentukan tubuh manusia cembung kecil, cekung) dan proporsi (perbandingan bagian-bagian dari semua bagian dengan seluruh tubuh). Perlu untuk menemukan perbandingan ukuran yang benar dan rasional, seperti perbandingan ukuran kepala dengan tubuh, panjang lengan atas dibandingkan dengan lengan bawah, ukuran lebar bahu dibandingkan dengan ketinggian yang benar, Jadi. Secara umum, gambar manusia telah menentukan rumus mentah / aturan proporsi tubuh manusia, antara lain, sebagai berikut;
a. Dewasa: 7 x ukuran kepala (Indonesia)
b. Dewasa: 7½ x ukuran kepala (luar negeri)
c. Dewasa : 8 x ukuran kepala (sangat tinggi)
d. Anak 10 tahun: 6 x ukuran kepala
e. Anak 5 tahun: 5 x ukuran kepala
f. Balita Rata-Rata Tinggi: 4 x ukuran kepala
g. Bahu pria lebih luas daripada bahu wanita
h. Telapak tangan = Lebar wajah
i. Panjang kaki = Tinggi wajah
j. Posisi Mata 1/2 Tinggi Wajah
k. Panjang Mata 1/5 Lebar Wajah 
l. Posisi Hidung: di tengah antara dagu dan mata
m. Posisi bibir: di tengah antara dagu dan hidung

Sebagai latihan, buatlah proporsi perbandingan tubuh manusia pria dan wanita dewasa dan kirim hasilnya ke e mail, selamat mencoba















Rabu, 27 Januari 2021

Menggambar Hidung


Menggambar ekspresi wajah manusia membutuhkan ketekunan ,karena harus sama persis dengan bentuk aslinya agar sesuai dengan apa yang kita gambar. Terlihat 3D dan nyata pasti membuat bangga jika kita bisa melakukannya. Tidak hanya satu bagian tetapi secara keseluruhan wajah. Seperti mata, telinga, bibir dan hidung. Setelah sebelumnya mencoba membuat mata, sekarang coba menggambar hidung.



1 – Sketsa

Hidung dibentuk oleh serangkaian garis lengkung. Ini membuatnya sulit untuk menggambar karena ada garis kecil untuk membantu menggambarkan bentuknya. Mulailah dengan menggambar apa yang Anda lihat, yang merupakan ujung bagian dalam dan di luar lubang hidung. Kemudian cobalah untuk menggambarkan bidang utama pola untuk menentukan lengkungan hidung. Baris tipis sehingga nantinya tidak akan kesulitan hapus bagian yang salah. 




2 – Pola Dasar

Perhatikan sisi kanan dan kiri untuk membuat gelap atau terang, secara umum jika bagian depan seringkali sisi kanan wajah terlihat gelap. Tetapi itu tergantung pada pencahayaan juga, arsir bagian gelap dan dusel dengan tisu atau kapas/cotton bud yang menyebabkan efek bayangan pada sisi yang dibuat gelap, sementara apa yang tampaknya terkena cahaya, apalagi (putih) kertas dibiarkan tetap putih tanpa di arsir atau di arsir tipis / dusel tipis. saja



3 – Finishing

Hati-hati menyempurnakan tingkat kehalusannya, setelah langkah kedua selesai, pada langkah terakhir, lakukan seperti langkah ke-2 dengan menambahkan tingkat ketebalan, Anda dapat menggunakan pensil 2b / 4b / 6b. Perhatikan ketebalan bayangan dari gambar sebelumnya, tebalkan bagian yang di rasa lebih gelap.

Lakukan langkah-langkah di atas dan bandingkan hasil gambar anda dengan contohnya, jika tidak seperti yang diharapkan, jangan menyerah dengan cepat, karena tingkat kemiripan atau kesamaan sangat sulit. Tetapi jika Anda terus melatih tahap itu, anda pasti berhasil.

Nah, biar lebih afdol, sekarang coba gambar hidung dan hasilnya dikirim ke e mail. Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan tetaplah berlatih.