1. Salah satu cara guru guna membangkitkan motivasi siswa dalam pembelajaran dan untuk membangun keunggulan bangsa dapat dilakukan dengan…
a. Mencontohkan berbagai cara yang dilakukan dalam pemecahan masalah
b. Mencontohkan prestasi unggul para pemain bulutangkis di kancah dunia
c. Mengadakan berbagai eksperimen untuk memperoleh banyak data
d. Mengadakan perlombaan antar siswa di tingkat nasional
e. Mengenalkan potensi daerah yang dapat mensejahterakan masyarakat
2. Masuknya budaya asing dalam kehidupan masyarakat Indonesia dewasa ini merupakan hal yang tidak dapat dihindari karena dampak globalisasi yang ditandai masivnya penggunaan media massa. Terkait dengan hal tersebut yang dapat dilakukan guru adalah...
a. Berkunjung ke Negara lain untuk mempelajari budaya asing
b. Melarang siswa mengenal dan mempelajari budaya asing
c. Membelajarkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar Negara
d. Membelajarkan proses seleksi sistem nilai pada siswa
e. Meniru budaya asing yang sedang populer dan terkenal
3. Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia perlu dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat berkenaan dengan taman yang perlu disampaikan kepada siswa terkait dengan pembahasan pengelolaan sumber daya alam adalah...
a. Ekspor sumber daya alam perlu diupayakan dalam bentuk barang jadi
b. Pengelolaan sumber daya alam diserahkan kepada pihak swasta
c. Pengelolaan sumber daya alam perlu dilakukan dengan pihak asing
d. Sumber diekspor dalam bentuk setengah jadi
e. Sumber daya alam sebaiknya diekspor dalam bentuk bahan mentah
4. Pihak sekolah meminta anda untuk melakukan pembinaan secara rutin terhadap siswa yang melakukan pelanggaran, salah satu siswa yang merupakan anak dari sahabat anda sering terlambat masuk sekolah,untuk menghadapi hal tersebut yang anda lakukan adalah...
a. Memberikan hukuman berupa membersihkan sampah dikelas pada siswa yang bersangkutan
b. Memberikan hukuman lari di lapangan sekolah sebagaimana telah ditetapkan oleh guru piket
c. Memberikan teguran dan hukuman dengan membuat pernyataan agar tidak terlambat lagi
d. Meminta peserta didik membuat tulisan pernyataan tidak datang terlambat sebanyak 10 kali
e. Meminta peserta didik untuk membawa tanaman dan menanamnya di depan kelas
5. Nilai fisika sebagian besar siswa yang selama ini selalu diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM) mengalami penurunan, sebagai guru fisika yang anda lakukan adalah...
a. Melakukan analisis soal dan jawaban siswa
b. Membantu siswa dalam belajar kelompok
c. Memberi saran car membaca buku fisika
d. Menasihati siswa untuk belajar secara rutin
e. Remedial pembelajaran untuk semua siswa
6. Anda mendapatkan kelas yang salah satu siswanya senang bicara sendiri dengan keras sehingga mengganggu konsentrasi belajar siswa yang lain, sebagai guru yang mengajar di kelas tersebut yang anda lakukan adalah...
a. Memberikan arahan kepada siswa yang usil untuk tidak mengulangi perbuatannya di lain waktu
b. Memberikan kesempatan pada siswa tersebut untuk menyampaikan gagasannya sesuai tema
c. Meminta siswa untuk berbicara secara proporsional sesuai tema pembicaraan
d. Mendengarkan keluhan - keluhan siswa lain dan selanjutnya menegur siswa senang berbicara
e. Menegur secara langsung siswa yang sering berbuat usil karena bicara terus-menerus
7. Siswa dapat saja mengemukakan berbagai alasan terkait dengan pelanggaran yang dilakukannya, oleh karena itu di atas semua tindakan yang diambil oleh guru yang perlu dilakukan adalah...
a. Membebaskan siswa dari sanksi apabila alasannya tidak dibuat buat
b. Memberi sanksi atas pelanggaran siswa apapun alasannya
c. Mengecek kebenaran setiap alasan yang dikemukakan oleh siswa
d. Mengingatkan siswa untuk tidak melakukan hal yang sama
e. Meringankan sanksi untuk siswa ketika ada alasan pemaaf
8. Ketika seorang guru memperoleh penempatan tugas baru di pulau lain dan pengalaman tersebut diceritakan kepada siswa-siswa di tempat tugasnya maka cerita tersebut menampilkan semangat persatuan yang berisi...
a. Bersyukur karena masih diakuinya bahasa daerah dalam masyarakat Indonesia
b. Kebanggan betapa luasnya wilayah Indonesia dan keragaman masyarakat
c. Kebanggaan memiliki murid – murid yang berkebudayaan berbeda-beda
d. Perasaan senang karena ada pengalaman baru yang berbeda dengan daerah asalnya
e. Ucapan terima terima kasih atas penugasanya di daerah baru untuk memperoleh pengalaman
9. A adalah siswa baru di sekolah dalam pembelajaran A tidak punya keberanian mengajukan pertanyaan terkait materi yang belum dipahaminya sehingga sebagian besar nilainya di bawah KKM, sebagai guru yang anda lakukan adalah...
a. Memanggil orang tua untuk mengetahui kebiasaan belajar A sebelumnya
b. Memberi motivasi kepada A agar berani bertanya bila belum memahami materi
c. Meminta A untuk bergabung dalam belajar kelompok dengan teman sekelas
d. Meminta A untuk melatih dirinya dalam bertanya ketika belajar di rumah
e. Meminta kepada siswa lain agar mengajak A belajar setelah pulang sekolah
10. Anda sudah bekerja di salah satu SD swasta selama 6 bulan, karena sesuatu hal rute perjalanan dari rumah Anda ke sekolah mengalami perubahan sehingga menjadi semakin jauh, sebagai guru yang anda lakukan adalah...
a. Berangkat lebih awal sesuai dengan perkiraan waktu tempuh
b. Memilih mencari pekerjaan lain yang dekat tempat tinggal
c. Meminta jadwal khusus untuk mengajar agar tidak terburu-buru
d. Pada jam awal pelajaran siswa diminta untuk belajar secara mandiri
e. Tidak mengubah kebiasaan waktu untuk berangkat ke sekolah
11. Budaya yang dapat memperkuat jati diri bangsa diantaranya adalah budaya perfeksionis, yaitu budaya yang mendorong untuk mengerjakan segala sesuatu apapun dengan sebaik-baiknya, mengacu pada nilai budaya perfeksionis maka guru dalam penilaian hasil pekerjaan siswa sebaiknya...
a. Mendasarkan pada hasil dan usaha siswa dengan porsi sesuai jenis penugasan
b. Mendasarkan pada kerjasama antar siswa dalam mengerjakan tugas
c. Pada hasil kerja siswa yang dikoreksi guru tidak perlu melihat prosesnya
d. Sepenuhnya berdasarkan pada hasil kerja siswa dengan cara apapun
e. Yang penting siswa telah berusaha sepenuh hati untuk mengerjakan tugas
12. Pada suatu ketika seorang guru keliru dalam menjelaskan materi pembelajaran didalam kelas. Tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh guru adalah...
a. Dengan cara samar – samar berusaha menyampaikan bahwa penjelasannya keliru
b. Meminta siswa untuk mengkritisi penjelasan yang telah disampaikan oleh guru
c. Menunggu respon siswa, sekiranya ada siswa yang mengetahui kekeliruan tersebut
d. Secara terus terang mengakui adanya kekeliruan itu di depan siswa dan memperbaikinya
e. Tidak melakukan koreksi demi kewibawaan guru di depan siswa-siswanya di kelas
13. Ketika guru mengadakan ulangan atau ujian, soal yang digunakan hendaknya dapat mengukur kemampuan siswa yang hendak diukur secara tepat, dengan kata lain bahwa guru yang baik dalam membuat soal harus memperhatikan...
a. Daya beda
b. Reliabilitas
c. Tingkat kesukaran
d. Tingkat kompetensi
e. Validitas
14. Memahami karakteristik siswa sangat menentukan hasil belajar yang akan dicapai, aktivitas yang perlu dilakukan dan asesmen yang tepat untuk merumuskan tujuan dan indikator pembelajaran yang mengarah pada kompetensi pengetahuan maka guru harus memahami karakteristik siswa yaitu...
a. Etnik kultural status sosial
b. Gaya belajar motivasi perkembangan emosi
c. Perkembangan emosi perkembangan sosial
d. perkembangan kognitif dan kemampuan awal
e. perkembangan moral dan spiritual dan perkembangan motorik
15. Teladan yang ditunjukkan oleh guru untuk menumbuhkan kehidupan demokrasi melalui pembelajaran dapat diwujudkan antara lain dengan...
a. Memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk berpendapat dalam musyawarah di kelas
b. Mencatat hasil keputusan rapat agar dapat dilihat kembali kapan saja di kemudian hari
c. Menyerahkan pimpinan rapat kepada ketua kelas untuk latihan sebagai pemimpin
d. Sebelum dan selesainya rapat didahului dan diakhiri dengan memanjatkan doa
e. Sebelum mengambil keputusan dipertimbangkan baik buruknya terlebih dahulu
16. Guru senior sebagai teman sejawat mendapat tugas membimbing beberapa siswa untuk mengikuti lomba duta lingkungan, anda melihat ada beberapa hal yang belum dipersiapkan, maka yang anda lakukan adalah...
a. Membantu mengidentifikasi persiapan yang diperlukan dan yang sudah dilakukan
b. Membimbing siswa-siswa tersebut secara tidak langsung dengan aktivitas sendiri
c. Meminta izin untuk menyampaikan kekurangan yang belum dipersiapkan
d. Meminta kepala sekolah untuk dilibatkan dalam pembimbingan siswa
e. Mengusulkan Kepala Sekolah untuk mengecek persiapan yang sudah dilakukan
17. Salah satu bentuk tindakan guru dalam memperlakukan siswa sesuai prinsip kesederajatan dan persamaan adalah...
a. Kesempatan mengulang hanya pada siswa yang lemah
b. Layanan komunikasi lewat ketua kelas
c. Memberikan teguran kepada siswa yang terlambat
d. Pengurus kelas di tentukan dengan kriteria tertentu
e. Semua siswa diberi nilai di atas kriteria ketuntasan minimal
18. Di musim hujan seorang siswa berapa kali tidak memakai seragam sekolah karena hari sebelumnya kehujanan dan belum kering sampai Pagi harinya, menghadapi kondisi siswa tersebut tindakan yang dilakukan oleh guru adalah...
a. Caara memberi sanksi kepada siswa tersebut telah melanggar sekolah
b. Biarkan siswa tersebut karena adanya alasan pemaaf yang dapat diterima
c. Menegur siswa karena sebut dianggap ceroboh dan tidak disiplin
d. Mengajak orang tua mencari solusi terkait pakaian seragam yang hanya satu
e. Mengingatkan agar kedepan siswa tidak mengulang lagi hal yang sama
19. Hari ini guru matematika yang bertugas memberi pelajaran tambahan sepulang sekolah tidak bisa hadir karena sakit siswa sangat membutuhkan pelajaran tambahan untuk persiapan ujian anda ditugasi untuk menggantikannya maka yang anda lakukan adalah...
a. Cukup memberi soal latihan tanpa membahas materi
b. Melakukan diskusi kelompok pelajaran matematika
c. Membelajarkan jam pelajaran tambahan sesuai jadwal
d. Memberi saran siswa belajar matematika secara mandiri
e. Memulangkan siswa karena guru tidak hadir karena sakit
20. Siswa yang selalu memperoleh nilai matematika tertinggi dipilih untuk mengikuti lomba olimpiade matematika tingkat provinsi, dengan keputusan tersebut sebagai guru matematika yang anda lakukan adalah...
a. Memberi latihan dan pengayaan materi yang belum dipahami
b. Memberi nasihat agar siswa belajar dengan giat untuk lomba
c. Memberi saran kepada siswa untuk mengikuti les di luar sekolah
d. Meminta orangtua untuk mendampingi siswa belajar di rumah
e. Meminta siswa untuk mencari soal latihan matematika di internet