Minggu, 13 Agustus 2023

SOAL UP SENI RUPA PPG DALAM JABATAN 2023 (Part 2)

21. Kualitas perwujudan karya dilihat dari proses pembuatan sketsa dengan beragam teknik yang dimiliki untuk mencari keragaman alternatif bentuk dalam praktik penciptaan proses pencarian Gagasan dan kemungkinan alternatif kekayaan termasuk ke dalam tahapan...
a. Eksperimentasi dan improvisasi
b. Eksplorasi
c. Pemilihan material
d. Perumusan hasil akhir
e. Referensi dan eksplorasi

22. Pada hunian dengan konsep tradisi akan digunakan pola rancangan interior yang natural dan alami karakter motif furniture yang sesuai dengan konsep hunian tradisional ini diantaranya...
a. Motif batu expose dan batu kali
b. Motif besi industrialis
c. Motif bunga dan ornamen tanaman
d. Motif geometric
e. Motif plastik dan klasik

23. Siswa belajar menemukan penciptaan karya seni lukis dalam situasi konkret maupun abstrak serta memprediksi kemungkinan artistiknya. Langkah awal pembelajaran yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut antara lain...
a. Pembentukan karakter pada siswa
b. Pemberian stimulus kepada siswa
c. Pengembangan kemampuan artistik siswa
d. Pengkondisian psikologis pada siswa
e. Penyiapan mental siswa

24. Patung miniatur sebagai souvenir dibuat dengan material yang murah dan dapat direproduksi dalam jumlah banyak. Adapun material teknik yang tepat untuk pembuatan patung tersebut adalah...
a. Aluminium dengan teknik casting
b. Gypsum dengan teknik cetak
c. Kayu dengan teknik carving
d. Resin dengan teknik casting
e. Semen dengan teknik cor

25. Salah satu tujuan pembelajaran seni lukis adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam melukis menggunakan media cat air untuk itu bahan ajar yang tepat digunakan guru adalah...
a. Cara menggunakan tekhnik deblock
b. Cara menggunakan teknik dry brush
c. Langkah-langkah menggunakan block
d. Langkah-langkah menggunakan teknik gradasi
e. Langkah-langkah menggunakan wet on wet

26. Memahami pembagian area desain interior merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa. Materi yang termasuk dalam kompetensi dasar tersebut diantaranya...
a. Zona publik dalam rumah
b. Budaya desain interior
c. Elemen desain interior
d. Konsep dasar ruang
e. Tata desain interior

27. Pembelajaran inquiry adalah salah satu model pembelajaran yang diterapkan oleh guru untuk mendapat pengetahuan dan pemahaman yang mendalam bagi siswa. Adapun salah satu bentuk implementasi model inquiry adalah cara dan variasi dilakukan oleh guru agar siswa dapat...
a. Melakukan inovasi dalam permasalahan terkait hakikat seni rupa
b. Melihat suatu permasalahan tentang hakikat seni rupa
c. Menemukan suatu permasalahan tentang hakikat seni rupa
d. Menerapkan teknik pada suatu permasalahan tentang hakikat seni rupa
e. Mengetahui permasalahan tentang hakikat seni rupa

28. Candi merupakan salah satu hasil karya seni patung yang berfungsi sebagai tempat peribadatan bagi masyarakat. Di dalam candi terdapat relief yang dibuat dengan teknik...
a. Asembling
b. Carving
c. Casting
d. Konstruktif
e. Sub Sequense

29. Lembaran yang berfungsi untuk analisis gerak bibir dalam pembuatan film animasi disebut...
a. Dubber Sheet
b. Dubbing Sheet
c. Eksposure sheet
d. Ekstra sheet
e. Lypscnc sheet

30. Langkah penutup dalam proses pembelajaran praktik pembuatan seni rupa antara lain memiliki tujuan untuk...
a. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dasar keterampilan
b. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dasar pengetahuan
c. Menghubungkan pembelajaran dengan pembelajaran sebelumnya
d. Mengukur penguasaan siswa dalam pengetahuan estetika
e. Mengukur tingkat penguasaan apresiasi seni siswa

31. Untuk membuat souvenir action figure dengan aluminium diharuskan menerapkan teknik casting menggunakan mold yang dibuat dengan bahan...
a. Fiberglass
b. Gypsum
c. Lilin
d. Pasir tahan panas
e. Resin

32. Pada beberapa karya patung untuk kebutuhan interior dibuat dengan material campuran Seperti kayu dan kaca dengan karakter material yang berbeda maka digunakan teknik perakitan yang disebut dengan...
a. Assembling
b. Carving
c. Casting
d. Konstruksi
e. Welding

33. Dalam penataan konsep rumah modern eco living maka diterapkan konsep rumah hijau sebagai bentuk kepedulian atas lingkungan. Beberapa karakter utama dalam perancangan furniture untuk rumah hijau yaitu...
a. Desain yang minimalis industrial
b. Pemanfaatan lahan dengan peletakan bangunan yang masiv
c. Pemanfaatan materi besi dan kaca
d. Kegunaan material besi
e. Penggunaan material daur ulang

34. Saat ini banyak brand besar yang mendistribusikan produk mereka secara ekslusif melalui penjualan merek dagang, melalui distribusi ini sering disebut dengan...
a. Direct selling
b. Franchise
c. Gerai retail
d. Grosir
e. Multilevel marketing

35. Kegiatan remedial diperlukan untuk pencapaian nilai KKM, kegiatan tersebut merupakan...
a. Pembelajaran ulang bagi semua siswa
b. Pemberian umpan balik bagi siswa
c. Perbaikan pembelajaran bagi semua siswa
d. Refleksi pelaksanaan pembelajaran
e. Tindak lanjut dari penilaian hasil belajar

36. Dalam merancang interior restoran keluarga bergaya tradisonal maka diperlukan furniture yang mampu mewakili konsep tersebut. Agar posisi furniture mampu mendukung kenyamanan pengunjung restoran, maka rancangan desain interior yang harus disiapkan yakni...
a. Desain bentuk furniture
b. Pola lantai dan layout furniture
c. Rancangan material furniture
d. Sirkulasi udara dan cahaya
e. Titik lampu dan besaran ruang

37. Di dalam pembelajaran terpadu siswa dituntut untuk menggabungkan banyak kompetensi, hal tersebut dapat diterapkan dalam pembuatan...
a. Film animasi
b. Logotype
c. Lukisan mural
d. Media Baliho
e. Packaging

38. Film animasi terdiri dari rangkaian adegan yang dibuat dalam sekian gambar, pada beberapa film animasi, animator juga memasukkan beberapa foto maupun video sebagai bagian dalam penyusunan cerita. Proses untuk menyatukan materi gambar dan video menjadi satu komposisi utuh dinamakan proses...
a. Compiling video
b. Editing
c. Rendering
d. Sinkronizing
e. Video Kompasite

39. Hasil refleksi dalam PTK guru menetapkan apa yang telah dicapai apa yang belum dicapai serta apa yang perlu diperbaiki lagi dalam pembelajaran Hal ini dilakukan untuk...
a. Membahas hasil penelitian
b. Membuat kesimpulan penelitian
c. Mendeskripsikan kegiatan antar siklus
d. Mendeskripsikan kegiatan siklus
e. Menentukan rencana tindakan pada siklus selanjutnya

40. Kegiatan Berikut ini termasuk dalam pendahuluan yang dilakukan guru dalam pembelajaran merumuskan konsep penciptaan seni adalah...
a. Melibatkan siswa mencari informasi yang luas tentang sumber penciptaan seni
b. Membuka kembali ingatan siswa mengenai latar belakang penciptaan seni dari seorang seniman
c. Memfasilitasi siswa untuk memunculkan gagasan baru secara lisan maupun tertulis
d. Memfasilitasi siswa dalam menjelaskan hubungan ide penciptaan dengan realitas
e. Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa dengan lingkungan dan sumber penciptaan

Sabtu, 12 Agustus 2023

SOAL UP SENI RUPA PPG DALAM JABATAN 2023 (Part 1)

1. Salah satu cara guru guna membangkitkan motivasi siswa dalam pembelajaran dan untuk membangun keunggulan bangsa dapat dilakukan dengan…
a. Mencontohkan berbagai cara yang dilakukan dalam pemecahan masalah
b. Mencontohkan prestasi unggul para pemain bulutangkis di kancah dunia
c. Mengadakan berbagai eksperimen untuk memperoleh banyak data
d. Mengadakan perlombaan antar siswa di tingkat nasional
e. Mengenalkan potensi daerah yang dapat mensejahterakan masyarakat

2. Masuknya budaya asing dalam kehidupan masyarakat Indonesia dewasa ini merupakan hal yang tidak dapat dihindari karena dampak globalisasi yang ditandai masivnya penggunaan media massa. Terkait dengan hal tersebut yang dapat dilakukan guru adalah...
a. Berkunjung ke Negara lain untuk mempelajari budaya asing
b. Melarang siswa mengenal dan mempelajari budaya asing
c. Membelajarkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar Negara
d. Membelajarkan proses seleksi sistem nilai pada siswa
e. Meniru budaya asing yang sedang populer dan terkenal

3. Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia perlu dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat berkenaan dengan taman yang perlu disampaikan kepada siswa terkait dengan pembahasan pengelolaan sumber daya alam adalah...
a. Ekspor sumber daya alam perlu diupayakan dalam bentuk barang jadi
b. Pengelolaan sumber daya alam diserahkan kepada pihak swasta
c. Pengelolaan sumber daya alam perlu dilakukan dengan pihak asing
d. Sumber diekspor dalam bentuk setengah jadi
e. Sumber daya alam sebaiknya diekspor dalam bentuk bahan mentah

4. Pihak sekolah meminta anda untuk melakukan pembinaan secara rutin terhadap siswa yang melakukan pelanggaran, salah satu siswa yang merupakan anak dari sahabat anda sering terlambat masuk sekolah,untuk menghadapi hal tersebut yang anda lakukan adalah...
a. Memberikan hukuman berupa membersihkan sampah dikelas pada siswa yang bersangkutan
b. Memberikan hukuman lari di lapangan sekolah sebagaimana telah ditetapkan oleh guru piket
c. Memberikan teguran dan hukuman dengan membuat pernyataan agar tidak terlambat lagi
d. Meminta peserta didik membuat tulisan pernyataan tidak datang terlambat sebanyak 10 kali
e. Meminta peserta didik untuk membawa tanaman dan menanamnya di depan kelas

5. Nilai fisika sebagian besar siswa yang selama ini selalu diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM) mengalami penurunan, sebagai guru fisika yang anda lakukan adalah...
a. Melakukan analisis soal dan jawaban siswa
b. Membantu siswa dalam belajar kelompok
c. Memberi saran car membaca buku fisika
d. Menasihati siswa untuk belajar secara rutin
e. Remedial pembelajaran untuk semua siswa

6. Anda mendapatkan kelas yang salah satu siswanya senang bicara sendiri dengan keras sehingga mengganggu konsentrasi belajar siswa yang lain, sebagai guru yang mengajar di kelas tersebut yang anda lakukan adalah...
a. Memberikan arahan kepada siswa yang usil untuk tidak mengulangi perbuatannya di lain waktu
b. Memberikan kesempatan pada siswa tersebut untuk menyampaikan gagasannya sesuai tema
c. Meminta siswa untuk berbicara secara proporsional sesuai tema pembicaraan
d. Mendengarkan keluhan - keluhan siswa lain dan selanjutnya menegur siswa senang berbicara
e. Menegur secara langsung siswa yang sering berbuat usil karena bicara terus-menerus

7. Siswa dapat saja mengemukakan berbagai alasan terkait dengan pelanggaran yang dilakukannya, oleh karena itu di atas semua tindakan yang diambil oleh guru yang perlu dilakukan adalah...
a. Membebaskan siswa dari sanksi apabila alasannya tidak dibuat buat
b. Memberi sanksi atas pelanggaran siswa apapun alasannya
c. Mengecek kebenaran setiap alasan yang dikemukakan oleh siswa
d. Mengingatkan siswa untuk tidak melakukan hal yang sama
e. Meringankan sanksi untuk siswa ketika ada alasan pemaaf
8. Ketika seorang guru memperoleh penempatan tugas baru di pulau lain dan pengalaman tersebut diceritakan kepada siswa-siswa di tempat tugasnya maka cerita tersebut menampilkan semangat persatuan yang berisi...
a. Bersyukur karena masih diakuinya bahasa daerah dalam masyarakat Indonesia
b. Kebanggan betapa luasnya wilayah Indonesia dan keragaman masyarakat
c. Kebanggaan memiliki murid – murid yang berkebudayaan berbeda-beda
d. Perasaan senang karena ada pengalaman baru yang berbeda dengan daerah asalnya
e. Ucapan terima terima kasih atas penugasanya di daerah baru untuk memperoleh pengalaman

9. A adalah siswa baru di sekolah dalam pembelajaran A tidak punya keberanian mengajukan pertanyaan terkait materi yang belum dipahaminya sehingga sebagian besar nilainya di bawah KKM, sebagai guru yang anda lakukan adalah...
a. Memanggil orang tua untuk mengetahui kebiasaan belajar A sebelumnya
b. Memberi motivasi kepada A agar berani bertanya bila belum memahami materi
c. Meminta A untuk bergabung dalam belajar kelompok dengan teman sekelas
d. Meminta A untuk melatih dirinya dalam bertanya ketika belajar di rumah
e. Meminta kepada siswa lain agar mengajak A belajar setelah pulang sekolah

10. Anda sudah bekerja di salah satu SD swasta selama 6 bulan, karena sesuatu hal rute perjalanan dari rumah Anda ke sekolah mengalami perubahan sehingga menjadi semakin jauh, sebagai guru yang anda lakukan adalah...
a. Berangkat lebih awal sesuai dengan perkiraan waktu tempuh
b. Memilih mencari pekerjaan lain yang dekat tempat tinggal
c. Meminta jadwal khusus untuk mengajar agar tidak terburu-buru
d. Pada jam awal pelajaran siswa diminta untuk belajar secara mandiri
e. Tidak mengubah kebiasaan waktu untuk berangkat ke sekolah

11. Budaya yang dapat memperkuat jati diri bangsa diantaranya adalah budaya perfeksionis, yaitu budaya yang mendorong untuk mengerjakan segala sesuatu apapun dengan sebaik-baiknya, mengacu pada nilai budaya perfeksionis maka guru dalam penilaian hasil pekerjaan siswa sebaiknya...
a. Mendasarkan pada hasil dan usaha siswa dengan porsi sesuai jenis penugasan
b. Mendasarkan pada kerjasama antar siswa dalam mengerjakan tugas
c. Pada hasil kerja siswa yang dikoreksi guru tidak perlu melihat prosesnya
d. Sepenuhnya berdasarkan pada hasil kerja siswa dengan cara apapun
e. Yang penting siswa telah berusaha sepenuh hati untuk mengerjakan tugas

12. Pada suatu ketika seorang guru keliru dalam menjelaskan materi pembelajaran didalam kelas. Tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh guru adalah...
a. Dengan cara samar – samar berusaha menyampaikan bahwa penjelasannya keliru
b. Meminta siswa untuk mengkritisi penjelasan yang telah disampaikan oleh guru
c. Menunggu respon siswa, sekiranya ada siswa yang mengetahui kekeliruan tersebut
d. Secara terus terang mengakui adanya kekeliruan itu di depan siswa dan memperbaikinya
e. Tidak melakukan koreksi demi kewibawaan guru di depan siswa-siswanya di kelas

13. Ketika guru mengadakan ulangan atau ujian, soal yang digunakan hendaknya dapat mengukur kemampuan siswa yang hendak diukur secara tepat, dengan kata lain bahwa guru yang baik dalam membuat soal harus memperhatikan...
a. Daya beda
b. Reliabilitas
c. Tingkat kesukaran
d. Tingkat kompetensi
e. Validitas

14. Memahami karakteristik siswa sangat menentukan hasil belajar yang akan dicapai, aktivitas yang perlu dilakukan dan asesmen yang tepat untuk merumuskan tujuan dan indikator pembelajaran yang mengarah pada kompetensi pengetahuan maka guru harus memahami karakteristik siswa yaitu...
a. Etnik kultural status sosial
b. Gaya belajar motivasi perkembangan emosi
c. Perkembangan emosi perkembangan sosial
d. perkembangan kognitif dan kemampuan awal
e. perkembangan moral dan spiritual dan perkembangan motorik

15. Teladan yang ditunjukkan oleh guru untuk menumbuhkan kehidupan demokrasi melalui pembelajaran dapat diwujudkan antara lain dengan...
a. Memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk berpendapat dalam musyawarah di kelas
b. Mencatat hasil keputusan rapat agar dapat dilihat kembali kapan saja di kemudian hari
c. Menyerahkan pimpinan rapat kepada ketua kelas untuk latihan sebagai pemimpin
d. Sebelum dan selesainya rapat didahului dan diakhiri dengan memanjatkan doa
e. Sebelum mengambil keputusan dipertimbangkan baik buruknya terlebih dahulu

16. Guru senior sebagai teman sejawat mendapat tugas membimbing beberapa siswa untuk mengikuti lomba duta lingkungan, anda melihat ada beberapa hal yang belum dipersiapkan, maka yang anda lakukan adalah...
a. Membantu mengidentifikasi persiapan yang diperlukan dan yang sudah dilakukan
b. Membimbing siswa-siswa tersebut secara tidak langsung dengan aktivitas sendiri
c. Meminta izin untuk menyampaikan kekurangan yang belum dipersiapkan
d. Meminta kepala sekolah untuk dilibatkan dalam pembimbingan siswa
e. Mengusulkan Kepala Sekolah untuk mengecek persiapan yang sudah dilakukan

17. Salah satu bentuk tindakan guru dalam memperlakukan siswa sesuai prinsip kesederajatan dan persamaan adalah...
a. Kesempatan mengulang hanya pada siswa yang lemah
b. Layanan komunikasi lewat ketua kelas
c. Memberikan teguran kepada siswa yang terlambat
d. Pengurus kelas di tentukan dengan kriteria tertentu
e. Semua siswa diberi nilai di atas kriteria ketuntasan minimal

18. Di musim hujan seorang siswa berapa kali tidak memakai seragam sekolah karena hari sebelumnya kehujanan dan belum kering sampai Pagi harinya, menghadapi kondisi siswa tersebut tindakan yang dilakukan oleh guru adalah...
a. Caara memberi sanksi kepada siswa tersebut telah melanggar sekolah
b. Biarkan siswa tersebut karena adanya alasan pemaaf yang dapat diterima
c. Menegur siswa karena sebut dianggap ceroboh dan tidak disiplin
d. Mengajak orang tua mencari solusi terkait pakaian seragam yang hanya satu
e. Mengingatkan agar kedepan siswa tidak mengulang lagi hal yang sama

19. Hari ini guru matematika yang bertugas memberi pelajaran tambahan sepulang sekolah tidak bisa hadir karena sakit siswa sangat membutuhkan pelajaran tambahan untuk persiapan ujian anda ditugasi untuk menggantikannya maka yang anda lakukan adalah...
a. Cukup memberi soal latihan tanpa membahas materi
b. Melakukan diskusi kelompok pelajaran matematika
c. Membelajarkan jam pelajaran tambahan sesuai jadwal
d. Memberi saran siswa belajar matematika secara mandiri
e. Memulangkan siswa karena guru tidak hadir karena sakit

20. Siswa yang selalu memperoleh nilai matematika tertinggi dipilih untuk mengikuti lomba olimpiade matematika tingkat provinsi, dengan keputusan tersebut sebagai guru matematika yang anda lakukan adalah...
a. Memberi latihan dan pengayaan materi yang belum dipahami
b. Memberi nasihat agar siswa belajar dengan giat untuk lomba
c. Memberi saran kepada siswa untuk mengikuti les di luar sekolah
d. Meminta orangtua untuk mendampingi siswa belajar di rumah
e. Meminta siswa untuk mencari soal latihan matematika di internet

Rabu, 26 Juli 2023

Contoh CP Seni Rupa Fase E

Capaian Umum

Di akhir fase E, peserta didik diharapkan memiliki nalar kritis, menghasilkan atau mengembangkan gagasan dalam proses kreatif dalam merespon lingkungannya secara mandiri dan/atau berkelompok. Dalam proses kreatif tersebut, peserta didik telah memahami ruang, proporsi, gesture dan menentukan bahan, alat, teknik, teknologi dan prosedur yang sesuai dengan tujuan karyanya. Selain itu, peserta didik juga dapat menyampaikan pesan dan gagasan secara lisan dan/atau tertulis tentang karya seni rupa berdasarkan pada pengamatan dan pengalamannya, secara efektif, runut, terperinci dan menggunakan kosa kata seni rupa yang tepat.
Capaian per Elemen

Mengalami (Experiencing)

Pada akhir fase E, peserta didik mampu mengamati, mengenal, merekam dan menuangkan pengalaman dan pengamatannya terhadap lingkungan, perasaan, empati atau penilaiannya secara visual dengan menggunakan proporsi, gestur, ruang yang rinci. Karya peserta didik mencerminkan penguasaan terhadap bahan, alat, teknik, teknologi dan prosedur yang dipilihnya (sesuai minat dan kemampuannya).

Menciptakan (Making/ Creating)

Pada akhir fase E, peserta didik mampu menciptakan karya seni yang menunjukkan pilihan keterampilan,medium dan pengetahuan elemen seni rupa atau prinsip desain tertentu yang sesuai dengan tujuan karyanya, dalam konteks ekspresi pribadi atau sesuai topik tertentu.

Merefleksikan (Reflecting)

Pada akhir fase E, peserta didik mampu secara kritis mengevaluasi dan menganalisa efektivitas pesan dan penggunaan medium sebuah karya, pribadi maupun orang lain serta menggunakan informasi tersebut untuk merencanakan langkah pembelajaran selanjutnya.

Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically)

Pada akhir fase E, peserta didik mampu berkarya dan mengapresiasi berdasarkan perasaan, empati dan penilaian pada karya seni secara ekspresif, produktif, inventif dan inovatif. Peserta didik mampu menggunakan kreativitasnya, mengajukan pertanyaan yang bermakna dan mengembangkan gagasan dan menggunakan berbagai sudut pandang untuk mendapatkan gagasan, menciptakan peluang, menjawab tantangan dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik juga mampu bekerja secara mandiri, bergotong royong maupun berkolaborasi dengan bidang keilmuan lain atau masyarakat di lingkungan sekitar.

Berdampak (Impacting)

Pada akhir fase E, peserta didik mampu membuat karya sendiri atas dasar perasaan, minat, nalar dan sesuai akar budaya pada masyarakatnya.

Selasa, 02 Mei 2023

Daftar Paket Stiens Fotografi




Daftar Paket Stiens Fotografi

WEDDING
Alternativ 1 ( Rp 2.500.000,- )
ukuran album 11R (20 x 30 cm)
Fasilitas:
1. Album Digital 10 sheet (20 Halaman)
2. Video dokumentasi sudah di edit
3. Semua file disimpan dalam bentuk flashdisk

Alternativ 2 ( Rp 3.000.000,- )
ukuran album 11R (20 x 30 cm)
Fasilitas:
1. Album Digital 10 sheet (20 Halaman)
2. 1 cetak 17R (30 cm x40 cm) plus bingkai
3. Video dokumentasi sudah di edit
4. Semua file disimpan dalam bentuk flashdisk

Alternativ 3 ( Rp 3.500.000,- )
ukuran album 11R (20 x 30 cm)
Fasilitas:
1. Album Digital 15 sheet (30 Halaman)
2. 1 cetak 17R (30 cm x40 cm) plus bingkai
3. Video dokumentasi sudah di edit
4. Semua file disimpan dalam bentuk flashdisk

Alternativ 4 ( Rp 3.000.000,- )
ukuran album 12R (25 x 30 cm)
Fasilitas:
1. Album Digital 10 sheet (20 Halaman)
2. Video dokumentasi sudah di edit
3. Semua file disimpan dalam bentuk flashdisk

Alternativ 5 ( Rp 3.500.000,- )
ukuran album 12R (25 x 30 cm)
Fasilitas:
1. Album Digital 10 sheet (20 Halaman)
2. 1 cetak 17R (30 cm x40 cm) plus bingkai
3. Video dokumentasi sudah di edit
4. Semua file disimpan dalam bentuk flashdisk

Alternativ 6 ( Rp 4.000.000,- )
ukuran album 12R (25 x 30 cm)
Fasilitas:
1. Album Digital 15 sheet (30 Halaman)
2. 1 cetak 17R (30 cm x40 cm) plus bingkai
3. Video dokumentasi sudah di edit
4. Semua file disimpan dalam bentuk flashdisk

PRA WEDDING
Alternativ A : Rp. 1.500.000,-
Fasilitas :  
- 2 Cetak Ukuran 17R (30 x 40 cm) plus Frame
- Semua file disimpan dalam bentuk flashdisk

Alternativ B : Rp. 2.000.000,-
Fasilitas : 
- 1 Album Digital ukuran 11R (20 x 30 cm) 20 Halaman
- 1 Cetak Ukuran 17R (30 x 40 cm) plus Frame
- Semua file disimpan dalam bentuk flashdisk

FOTOBOOTH (bukan acara wisuda)
Alternativ A : Rp. 3.000.000,-
Fasilitas :  
- Cetak Ukuran 4R (10 x 15 cm)
- Unlimited durasi 3 jam

Alternativ B : Rp. 3.500.000,-
Fasilitas :  
- Cetak Ukuran 6R (15 x 20 cm)
- Unlimited durasi 3 jam

VIDEO SPIN 360 Rp. 3.500.000,- (ulimited durasi 3 jam)

Kami juga menyediakan sewa TV LED
Sewa TV LED 43 inch Rp. 500.000,-
Sewa TV LED 55 inch Rp. 600.000,-

Contoh Fotobooth








Contoh Album Foto Wedding













Contoh Video Spinner 1



Contoh Klip Video Wedding


Catatan :
Hasil edit paling cepat 14 hari kerja
Untuk mendapatkan harga khusus, silahkan menghubungi 08568206104

Rabu, 05 April 2023

Tausyiah Agustim

Bismillahirohmanirrohim

Assalamualaikum wr wb

Beberapa tahun kebelakang, pandemi memberikan dampak ke semua lini, baik kaya, miskin, tua, muda, pegawai, pedagang, semua

Hingga kini pun, ekonomi kita belum sepenuhnya pulih. Kita bisa bangkit, bagaimana caranya?

kerjasama, peduli itu kuncinya

“Barangsiapa meringankan dari seorang mukmin salah satu kesusahan hidupnya di dunia, niscaya Allah akan meringankan salah satu kesusahan hidupnya pada hari kiamat. Barangsiapa memberi kemudahan kepada orang yang kesulitan, niscaya Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat” (HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai & Ibnu Majah).

Tapi bagaimana mungkin?

kita masih pelajar, bukan orang dewasa yang sudah bekerja, bagaimana kita bisa membantu sesama sedangkan kita belum bisa mencari uang?

sederhana, dengan membeli produk atau menggunakan jasa saudara atau teman kita

misalnya kita mau membeli suatu barang di minimarket atau online shop, tapi bila ada saudara atau teman kita yg menjual barang serupa, apakah tidak lebih baik kita membeli dari saudara kita?
Kita punya kantin dan toko

Mungkin harganya lebih murah di mini market, tapi apa kita tega dagangan saudara atau teman kita kurang laku?

Bagaimana perasaan saudara atau teman kita bila tau kita membeli barang di tempat lain ketimbang dari dia?

cobalah ikut merasakan apa yg dia rasakan, mungkin ada keluarga yang harus diberi makan dari hasil jualan dia, mungkin ada tagihan yang harus dibayarkan dari keuntungan jasa atau dagangan itu.

Mungkin ada beberapa teman yg dulu saya wali kelasnya, atau kakomnya

hal yang saya tanamkan dari dulu adalah, lihat kanan kiri, depan belakang kalian, mereka bukan musuh kalian, mereka juga bukan teman kalian, mereka adalah saudara kalian. Kita gak akan tau apa yang akan terjadi 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun kedepan. Bila ada saudara kalian ada yg kesusahan, rasakan sakitnya, rasakan penderitaannya. Dengan merasakan sakit dan penderitaannya, kita akan tau cara mengobatinya.

Kemauan untuk menolong sesama bukan (hanya) karena didorong oleh kaya harta, tetapi lebih karena kaya hati. Orang yang kaya hatinya, di saat miskin pun, akan tergerak hatinya untuk bersedekah. Orang yang kaya hati memiliki rasa simpati dan keikhlasan yang tinggi, apalagi saat mendapati orang-orang yang sedang terkena musibah.

Orang-orang yang hatinya ikhlas tak akan tega membiarkan saudara-saudaranya hidup dan beribadah tanpa makanan, minuman, penerang dan selimut. Lebih-lebih bila membayangkan keadaan diri sendiri ketika musibah datang pada waktu yang tak disangka-sangka. Musibah kebakaran, banjir, gempa bumi dan lain sebagainya bisa menimpa siapa saja; kalau hari ini mereka, mungkin besok kita.

Beberapa waktu lalu saat musibah di sekitar kita, Senang rasanya ada gerakan dari para alumni yang berkolaborasi dengan komunitas donasi recehan kita. Alhamdulillah gerakan ini awal nya dimotori oleh komunitas donasi recehan kita lalu disambut baik oleh para alumni. Alumni yang tergabung terdiri dari mantan ketua OSIS (Qori), ROHIS (Muhyi), JURNALIS (Rafli) dan kawan kawan lainnya pun ikut tergerak. Masukan masukan positif seperti ini yang perlu dilestarikan dan dikembangkan, bukan masukan negativ yg di budayakan. Terima kasih kakak Alumni yang telah menginspirasi, bukan mendokrinasi. Lalu beberapa tahun lalu ada juga gerakan seribu takjil yang dimotori oleh Pramuka, Osis, Rohis dan Jurnalis.

Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa yang memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun.” (HR. Ahmad).

Saya yakin, dengan gerakan donasi seperti ini, pasti bapak/ibu guru akan bangga. Kebanggaan guru bukan dilihat dari tingkat kekayaan kalian, tapi dari seberapa dalam kalian menerapkan ilmu yang sudah diberikan, Empati kalian terhadap sesama telah membuat guru kalian bangga

Sedih rasanya kalau masukan negative yang dikembangkan, apalagi sampai harus mengesampingkan dan tidak menganggap guru, khususnya wali kelas. Tanpa sepengetahuan siswa, perjuangan bapak ibu guru kalian, khususnya walikelas sangatlah luar biasa. Bagaimana dia berjuang melobby rekan2 guru demi nilai dan kenaikan kelas siswanya. Bagaimana perjuangannya saat menaikan berkas KJP siswa, keluar masuk gang demi mencari rumah siswa, kadang kesasar…

Makanya suka miris kalau melihat ada Murid yang tidak menghormati gurunya, dulu waktu kecil saya diajarkan oleh guru ngaji saya untuk menghormati guru, dia bilang begini “Tong, gak akan berkah ilmu loe kalau gak menghormati guru loe,” itu katanya. Bukan maksud kita para guru ini minta di hormati, bukan. Cukup dengan memfungsikan guru sebagaimana mestinya, sebagai orangtua kalian. Hello, guru bukanlah gedebong pisang, jadikan gurumu sebagai tempat curhatmu bila ada masalah pelajaran atau ada masalah dengan guru lain. Jangan jadikan gurumu layaknya musuhmu, di berita sempat saya lihat ada murid yg kurang ajar kepada gurunya, bahkan ada yg sampai tega membunuhnya, naudzubillah summa naudzubillah. Kalau sudah seperti ini, dimana letak keberkahan murid?

jadi, mulai sekarang, bila ingin ilmu kita menjadi berkah, hormati gurumu, guru bukanlah gedebong pisang, orangtua tidak akan mungkin menjerumuskan anaknya, orangtua pasti akan mencari yang terbaik untuk anaknya. Jangan lupa juga untuk selalu berbagi dengan saudara saudara kita, jangan menunggu kaya harta, karena kaya hati lah yang lebih utama. buatlah kami bangga dengan empati, rasa ingin berbagi dan kaya hati kalian

Cukup sekian dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan

uusikum wa nafsi bitaqwallah, wassalamualaikum warohmatullahi wa barokatuh…

Selasa, 07 Maret 2023

Bismillah Kompeten



Bismillahirrahmanirrahim

Senin dan selasa tanggal 6 dan 7 Maret 2023 adalah Uji Sertifikasi Kejuruan Desain Komunikasi Visual SMKN 9 Jakarta dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dari SMKN 45 Jakarta. Hasil belajar tentang kejuruan Desain Komunikasi Visual akan ditentukan hari ini, kompeten atau tidak. Kelas DKV 2020 adalah angkatan pertama dari jurusan ini di SMKN 9 Jakarta, jujur kami belum punya pengalaman dan pengetahuan seputar uji sertifikasi ini, tidak mudah untuk menjalani ini semua. DKV 2020, semoga kalian 100% kompeten. Pintaku untuk kalian, buatlah kami menangis bukan karena mendengar berita buruk kalian, tapi buatlah kami mengangis dengan mendengar kata-kata yange keluar dari mulut kalian berupa "Alhamdulllah Kompeten", itu tandanya kami telah berhasil mengajarkan mata pelajaran produktif DKV kepada kalian.

Hari Selasa, 7 Maret 2023 am 15.15 WIB, para Asesor telah menyampaikan hasil ujian kalian dan kalian mengatakan kepada kami pak, kami Alhamdulillah Kompeten. Tangis haru pun tak dapat disembunyikan lagi, lelah kami selama 2 hari, oh bukan, lelah kami selama 3 tahun terbayarkan sudah.

Lelah selama 3 tahun?
Iya, begitu banyak cerita selama 3 tahun bersama kalian, mulai dari chat sederhana berdiskusi memilih jurusan DKV SMKN 9 Jakarta atau Multimedia di sekolah lain. DESKIA PRIHENDI IVANKA, seorang anak SMP yang belum pernah kukenal sama sekali, meminta saran masuk SMK mana diantara 2 jurusan itu. Lalu ada lagi cerita saat mencari info tempat yang menjual Durian di daerahnya, AMELIA SAFITRI, baru juga calon siswa, udah ditanya-tanya tentang tempat jualan Durian di daerah rumahnya.

Masa penerimaan siswa baru adalah saat Kepala Kompetensi (Kakom) DKV menghubungi nomer telp yang tertera di pendaftaran untuk lapor diri. Ada yang ramah, ada juga yang jutek seperti ISMI NURYANI. Lalu saat keliling mendatangi tiap rumah peserta didik, ditemani "om walas" RULLY SISWANTO adalah hal yang menyenangkan, bukan karena mendapatkan suguhan Durian goreng, Ice cream Durian dan Jus Durian yang diberikan TIARA CHINTIYAWATI, tapi karena akhirnya kita bisa bertatap muka dan bersilaturahmi dengan peserta didik dan keluarganya.

Pernah saya dikagetkan saat tiba-tiba ada paket yang datang kerumah, perasaan saya tidak pesan apa-apa, begitu dibuka isinya dodol cina, penasaran dengan pengirimnya, begitu dibaca pengirimnya, ternyata MARS. Ada juga yang malah memberikan ikan untuk dibakar, lengkap dengan bumbu bakarnya, gak tanggung-tanggung masing-masing 2 ekor dan berukuran besar pula, kalau tidak salah dari FATMA APRILIANA yang selalu bertiga bareng INDAH CAHAYA RHAMADANTI dan NADYA RAHMA PUSPITA.

Masa sekolah adalah masa yang paling indah, apalagi jika dijalani bersama kekasih hati yang berada di kelas yang sama, seperti pasangan MUHAMMAD ALFARINO dan EUGENIA LOVIE. Ada juga tingkah konyol ARYA TEGAR ANDIKA dan ROMIFATIH ALBRAN yang menggunakan komputer berbentuk meja di perpustakaan layaknya meja billiard, ya namanya juga anak-anak. pertemanan tak selamanya berjalan damai, pernah juga terjadi masalah dalam kelas hingga berniat mengganti ketua kelas RACHMAN RAMADHAN dan Rachman juga pernah pergi ke Telungagung tanpa kabar, hingga membuat kita khawatir.
Dunia itu sempit, begitulah pepatah yang pernah kita dengar, dan ini terjadi pada DJUZHAR WARFA'NI yang ternyata adalah keponakan dari teman shooting saya. sontak saya ajak dia ngorder dokumentasi acara wedding.

Dari segi olahraga, kita punya atlet Pencak Silat putri yaitu SILVA AMANDA, sedangkan di Futsal, kita punya ADHITYA RIZKI SAPUTRA, ALDI MAULANA, FITRIO ILHAM SAPUTRA, NOVAL TRIYONO dan FITRIO ILHAM SAPUTRA

Jumat, 25 November 2022

Pengenalan mode pengambilan gambar pada Nikon D3100 dan Canon 1500D

Assalamualaikum Wr Wb
Punya kamera DSLR tapi gak tau cara memaksimalkan kameranya?
Tenang, di materi kali ini, kita akan membahas mode pengambilan yang ada di Kamera DSLR
Untuk kamera yang saya gunakan pada praktek kali ini


kamera Nikon D3100


dan Canon 1500D

Pada prinsipnya, pengaturan semua kamera itu hampir sama, difragma atau apperture, shutterspeed, ISO dan focus. Lalu apa yang membedakan? Yang membedakan hanya nama dan bahasa saja


Pada kamera Canon, kurang lebih seperti ini tampilannya


Sedangkan pada kamera Nikon, kurang lebih seperti ini tampilannya


berikut penjelasan tiap mode di kamera Nikon dan Canon
1. Mode AV (Canon) atau A (Nikon)
Mode AV pada Canon

Mode A pada Nikon

adalah mode pengambilan gambar yang hanya merubah Apperture atau Diafragma, sedangkan shutterspeed mengikuti sesuai kebutuhan

2. Mode TV (Canon) atau S (Nikon)
Mode TV pada Canon

Mode S pada Nikon

adalah mode pengambilan gambar yang hanya merubah shutterspeed, sedangkan  Apperture atau Diafragma mengikuti sesuai kebutuhan

3. Mode Manual
Mode M pada Canon

Mode M pada Nikon

adalah mode pengambilan gambar yang mengatur Apperture atau Diafragma dan Shutterspeed secara manual

4. Mode P (Program)
Mode P pada Canon

Mode P pada Nikon

adalah mode pengambilan gambar yang pengaturan Apperture atau Diafragma dan Shutterspeed secara automatis

5. Mode Full Auto (gambar kotak hijau untuk Canon dan gambar kamera hijau pada Nikon)
Mode Full Auto pada Canon

Mode Full Auto pada Nikon

adalah mode pengambilan gambar yang pengaturan Apperture atau Diafragma dan Shutterspeed secara automatis

Lho, kok mode P dan Full Auto sama?
Gak dong, jadi begini, perbedaan mode P dan Full auto terletak pada Flash (lampu kilat) yang ada di kamera. kalau pada mode P tidak akan keluar flash nya secara automatis, sedangkan pada mode full auto flashnya akan muncul secara automatis jika dirasa cahaya untuk mengambil gambarnya kurang.
Nah itulah pembahasan tentang mode pengambilan gambar pada kamera DSLR Nikon dan Canon, semoga bermanfaat