Minggu, 18 Juli 2021

Sejarah Videografi



Mungkin kita sering mendengar istilah video. Namun bagaimana dengan istilah videografi? Videografi merupakan sebuah media yang digunakan untuk merekam kejadian atau momen yang kemudian akan dirangkum ke dalam satu gambar maupun suara. Kemudian hasilnya bisa kita nikmati dengan lebih menarik karena lebih seru, apalagi jika nanti diedit dengan bebrapa penambahan suara atau efek melalui aplikasi edit video.

Selain bertujuan untuk membuat video tersebut semakin menarik. Videografi digunakan untuk sebuah kajian maupun dibuat untuk kemudian dilihat di kemudian hari. Videografi sudah merambah ke semua kalangan dan sudah banyak digunakan sesuai dengan kepentingan atau keperluan masing-masing. Videografi juga ada yang dibuat secara individu dan tidak sedikit yang membuat videografi secara berkelompok.

Selain itu, kemajuan teknologi semakin lama sudah semakin maju sehingga kita bisa menikmati videografi dengan berbagai macam cara dan berbagai macam format. Sekarang sudah ada dua jenis videografi yang mungkin beberapa orang belum mengetahui istilah inii, yakni analog dan digital.

Seseorang yang mengambil atau melakukan sebuah videografi dinamakan videografer. Mereka dikelompokkan menjadi dua bagian. Seorang videografer profesional atau sudah berpengalaman lama dan seorang videografer amatir. Namun sebenarnya dua hal ini merupakan istilah yang diada-adakan dan hanya bertujuan untuk membedakan untuk kemampuan seseorang dalam videografi.

Mereka pun juga terkadang bekerja di tempat yang sama dengan keperluan yang berbeda. Biasanya videografer amatir lebih berfokus membuat video untuk konsumsi pribadi dan tidak untuk diperjualbelikkan. Namun untuk videografer yang profesional, mereka bahkan diminta oleh seseorang untuk membuat sebuah videografi yang menarik dan harganya pun juga terkadang lumayan mahal.

1. Ditemukan kamera fotografi

Sejarah awal videografi bermula ketika ditemukannya kamera fotografi dan juga film siluloid. Hal ini terjadi pada sekitar abad ke 16 sampai 17 yang bermula dari sebuah kota berbahan kayu dan juga pada salah satu bagian kotak tersebut terdapat lensa obsscure yang merupakan sebuah lubang kecil yang posisinya berada tepat di tengah-tengah kotak tersebut.

2. Era film siluloid

Hasil dari videografi merupakan sebuah ilusi satu gambar tetap atau yang dinamakan dengan still picture. Maka dari itu, ilusi yang dihasilkan bukan gerakan. Kemudian perkembangan videografi semakin maju dengan adanya film atau motion picture yang dilakukan oleh Thomas Alva Edison yang mana beliau sudah menciptakan kinetiscope. Penemuan tersebut kemudian dilanjutkan dan semakin dikembangkan oleh Lumiere bersaudara.

Pada akhirnya, 28 Desember 1894 mereka berhasil menciptakan cinematographe yang meruapakan sebuah piranti yang bekerja dengan cara menggabungkan kamera yang digunakan sebagai alat memproses film maupun proyektor menjadi satu kesatuan.

3. Telekomunikasi

Sejarah videografi berlanjut dengan semakin berkembangnya dunia telekomunikasi. Berikut ini akan kami sebutkan apa saja perkembangan telekomunikasi sehingga dapat menghasilkan sebuah videografi sampai sekarang ini.
  • 1844 telegram berhasil ditemukan oleh Samuel Morse
  • 1876 ditemukan sebuah alat komunikasi yang kita kenal dengan telepon. Orang yang berjasa menciptakannya adalah Alexander Graham Bell.
  • 1880 Heinrich berhasil menemukan gelombang elektromagentik.
  • Paul Nipkow telah berhasil menemukan tv mekanik pada tahun 1884.
  • 1894 awal mula film bioskop diputar dan disaksikan beramai-ramai oleh masyarakat.
  • Guglielmo Marconi berhasil membuat pesan melalui radio pada tahun 1895.
  • 1912 Lee de Forest berhasil membuat vacum cube.
  • KDKA memperkenalkan radio siaran di Pitsburgh pada tahun 1920.
  • Vladimir K Zworykin berhasil membuat sebuah TV tabung atau lonoscope pada tahun 1923.
  • Philo T Fransworth berjasa di dalam membuat televisi rumah pada tahun 1930.
  • Di tahun 1933, RCA mulai mendokumentasikan siaran televisi di Amerika.
  • 1941 cikal bakal dari televisi komersial hingga sekarang.
  • Teknik Videografi

Sebenarnya di dalam teknik videografi tidak jauh berbeda dengan teknik yang dilakukan untuk film. Film sendiri pun merupakan gabungan dari beberapa unsur yang di dalamnya meliputi gambar dan juga suara. Kita memang bisa menghasilkan sebuah videografi yang bagus ketika kita memang benar-benar paham tentang teknik videografi yang diperlukan.

Namun sebelum itu kita harus paham bahwa ada hal penting yang harus diperhatikan berkenaan dengan perangkat kamera yang akan digunakan. Sebelum melakukan shooting, seseorang harus memperhatikann beberapa hal seperti yang kammi sebutkan di bawah ini:
Orang yang mengambil gambar tersebut harus benar-benar paham terhadap perangkat kamera yang digunakan. Disarankan untuk memahami bagaimana cara menggunakannya maupun berbagai instruksi lainnya melalui buku manual yang didapat ketika membeli kamera. Ia juga harus paham kira-kira apa saja fitur atau keunggulan yang dimiliki oleh kameranya, termasuk juga kekurangannya.
Setelah itu, dia juga harus paham tentang bagaimana teknik pengambilan yang benar sesuai dengan kebutuhan gambar yang diinginkan.
Menentukan apa saja peralatan yang diperlukan, misalnya mikrofon, baterai, kabel ekstension, dan lain sebagainnya.
Memastikan bahwa baterai dalam kondisi penuh dan tidak bermasalah agar proses pengambilan gambar bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan tidak terburu-buru.
Macam-Macam Format Video
  • Film bisu atau yang kita kenal dengan siluloid
  • Perangkat besar awal TVRI / U-matic
  • Beta ’80
  • VHS, SVHS .80
  • Supercam ’90
  • Betacam ’90 dan mulai dikenalnya 3ccd atau harge cople device technology
  • Era digital video, seperti betacam, mini dv, hdd, dvd, yang diperkenalkan sekitar tahun 1995 hingga sekarang ini.
Demikiann informasi yang bisa di sampaikan tentang pengertian videografi beserta sejarah, dan juga beberapa teknik yang harus diperhatikan dalam melakukan videografi. Kesimpulannya, videografi yang kita nikmati sekarang ini telah melalui berbagai macam fase atau tahap hingga sekarang videografi telah banyak dimanfaatkan untuk semua kalangan masyarakat.



Videografi



Videografi (Videography) dalam bahasa indonesia sebetulnya terdiri dari 2 kata yaitu video yang artinya gambar bergerak dan grafi yang merupakan kata serapan dari yunani yaitu -graphiā yang artinya menulis. Videografi adalah sebuah proses merekam video ( berupa visual / visual dan audio) suatu moment yang dapat dinikmati dikemudian hari, baik sebagai sebuah kenangan ataupun sebagai bahan kajian untuk mempelajari apa yang sudah pernah terjadi. Videografi sendiri banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk berbagai kepentingan, mulai dari individu hingga kelompok, dan bahkan setiap negara dapat dipastikan memiliki arsip tentang sejarah negaranya dalam bentuk video.

Videografi biasanya tidak membutuhkan konsep seperti script dan storyboard, melainkan merekam hal yang natural terjadi. Videografi biasanya berbentuk dokumentasi dan liputan. Hal yang mudah kita lakukan adalah merekam kejadian dengan kamera ponsel hal ini bisa disebut videografi juga, bahkan saat CCTV merekam itu juga videografi. Namun perlu diingat Videografi berbeda dengan sinematografi untuk mentetahui nya silakan buka artikel tentang perbedaan videografi dengan sinematografi.

Bukan hanya dikalangan amatir videografi juga dibuat bisnis professional oleh vendor kreatif seperti jasa dokumentasi wedding, pesta ulang tahun, liputan event dsb. Di zaman modern dan digital kini videografi semakin dimudahkan karena kita bisa share karya videografi kita di Youtube.

Minggu, 25 April 2021

Proses Kreatif



Apa resep rahasia untuk agen kreatif sampai dapat terus menghasilkan karya kreatif yang mendapatkan banyak penghargaan?

Bagaimana Anda menjaga aliran ide di tengah situasi apa pun?

Apakah kreativitas termasuk bakat sehingga hanya orang-orang tertentu memilikinya?

Ini adalah rahasianya: kreativitas tidak hanya muncul. Ada metode yang bisa menjadi panduan untuk mendorong ide muncul di kepala. Mulai dari ide, ada proses untuk mewujudkan ide untuk menjadi sesuatu yang nyata. Sesuatu yang bisa dilihat, dirasakan dan terjebak dalam benak penonton, lalu menggerakkan mereka untuk melakukan sesuatu.

Kreativitas dalam studi akademik

Proses kreatif dan kreativitas ini memiliki studi akademik. Menurut Liane Gabora, profesor psikologi dan studi kreatif dari University of British Columbia, kreativitas adalah proses kognitif - pikiran - yang mengubah pemahaman kita, atau hubungan kita dengan, dunia di sekitar kita.

Berangkat dari definisi ini, kita dapat mengetahui bahwa output dari proses kognitif ini dapat menjadi dua hal. Pertama, penampilan ide-ide baru. Kedua adalah transformasi ide-ide lama yang menjadi pembaruan pada suatu konsep. Konsepnya adalah gambaran mental yang membantu kita memahami hal-hal.

Proses kreatif

Jika kreativitas adalah proses menghasilkan ide, proses kreatif adalah serangkaian kegiatan untuk mewujudkan ide tersebut menjadi bentuk nyata. Apa pun artinya kreativitas tanpa proses kreatif. Jika kreativitas adalah proses menghasilkan ide, proses kreatif adalah serangkaian kegiatan untuk mewujudkan ide tersebut menjadi bentuk nyata.

Ada tiga pilar proses kreatif yang dapat diterapkan baik oleh tim internal dan agensi yang bergerak di bidang kreatif.

Pilar # 1: Alasan

Ini adalah tahap yang paling penting. Banyak merek ingin kampanye iklan keren di mata audiens target. Kampanye iklan keren ini diperkirakan akan tetap berpegang pada kepala audiens target, dapat membangkitkan hati mereka sampai mereka tergerak untuk melakukan sesuatu.

Tapi merek lupa satu hal. Alasan apa yang diperankan oleh merek dalam kehidupan audiens targetnya. Apa raison d'etrre adalah merek. Inilah yang kami kenal sebagai merek tujuan, alasan merek harus ada (sekarang), yang lebih kuat dari hanya menjual atau mendapatkan uang.

Merek tujuan yang kuat harus terkait dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Masalah apa yang dapat dibantu oleh merek melalui produk dan layanan ini. Tujuan merek juga tidak perlu rumit karena yang penting adalah relevan dengan masalah target audiens.

Misalnya, dalam kampanye Mizone #siaapbalikin harga diri, merek tujuan memberikan inspirasi dan antusiasme untuk membalikkan situasi ketika seseorang berada dalam posisi tertinggal. Tujuan dari kampanye ini selaras dengan merek Mizone Merek “Help the youth feel empowered in their quest towards embracing the unknown.”

Barang Kebenaran dan Kebenaran Pelanggan

Dalam praktiknya beberapa merek dapat mengartikulasikan merek tujuan dalam singkat kreatif dengan jelas dan enteng. Sebagian besar masih tebal dengan nuansa komersial, hanya menjual penjualan. Beberapa dicampur dengan visi dan misi perusahaan.

Di sinilah Badan Kreatif memainkan peran membimbing merek. Proses penggalian merek tujuan ketika merancang kampanye periklanan adalah tugas ahli strategi kreatif. Tujuan merek adalah pertanyaan pertama ahli strategi kreatif kreatif.

Ada dua komponen penting dalam merumuskan merek tujuan ini: Permukaan kebenaran dan kebenaran pelanggan. Perkiraan merek adalah hal-hal yang merupakan sifat merek yang terdiri dari merek bahan bakar dan bahan bakar kategori.

Bahan bakar merek adalah USP (proposisi penjualan unik) kategori bahan bakar adalah situasi dan kondisi lingkungan yang dimasukkan oleh merek pada waktu tertentu. Lanskap kompetitif dimasukkan dalam kategori bahan bakar ini.

Komponen kedua kebenaran pelanggan adalah hal-hal yang merupakan sifat konsumen, yang terdiri dari bahan bakar konsumen dan bahan bakar budaya. Bahan bakar konsumen adalah kebiasaan pelanggan sementara bahan bakar budaya adalah budaya, norma dan nilai di mana konsumen hidup.

Ketika komponen kebenaran dan kebenaran konsumen disandingkan, merek tujuan yang kami rumuskan akan selalu relevan dengan konsumen. Tujuan merek akan selalu kontekstual dengan situasi dan kondisi lingkungan sekitarnya.




Pilar # 2: Ekspresi
Pada tahap ini kami mengungkapkan merek tujuan sesuai dengan mandat singkat kreatif. Secara khusus, ekspresi kreatif ini adalah manifestasi dari pesan utama dan solusi untuk masalah pernyataan dalam brief kreatif. Kreativitas yang melahirkan ide untuk mewujudkan ungkapan ini harus tetap di koridor singkat kreatif.

Ungkapan ini juga harus sesuai dengan kondisi pasarnya. Tidak hanya berdasarkan geografis dan demografis, tetapi juga berdasarkan budaya dan kebiasaan di ekosistem di mana merek dan konsumen berada. Merek dengan tujuan yang relevan dan kontekstual akan lebih mudah untuk mengekspresikan diri.

Satu hal yang tidak kalah penting dari ungkapan ini adalah faktor media digital. Di dunia digital ini, setiap orang memiliki "senjata" yang sama dengan merek untuk mengekspresikan dirinya. Jadi, komunikasi dari ungkapan ini harus dilakukan dalam dua arah dan secara interaktif.

Tantangan lain adalah bagaimana membuat ekspresi itu menarik audiens target ketika mereka tenggelam di lautan konten. Di sini, viralitas dari yang paling diburu oleh merek dan hampir selalu muncul di kreatif singkat ke agen.

Apakah vebalitas kebetulan? Tidak harus begitu.

Referensi Kreatif
Idealnya, ekspresi kreatif harus mengandung unsur-unsur kebaruan (novelty). Tetapi tantangannya adalah kendala waktu. Namun, kreatif pendek adalah alat bisnis, terutama untuk pemasaran. Bisnis saat ini sangat dinamis dan sulit diprediksi. Kami tidak memiliki cukup waktu untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif baru.

Ketika Liane Gabora menjelaskan sebelumnya bahwa transformasi gagasan lama sehingga pemikiran yang diperbarui, itu juga merupakan bentuk kreativitas. Jadi tidak ada yang salah dengan menerapkan metode ATM (amati, meniru, modifikasi) dalam tahap ekspresi ini. Tujuan utamanya adalah untuk menjawab kreatif pendek.

Ekspresi kreatif, baik dari ide-ide baru dan ide-ide lama, sumbernya adalah kekayaan referensi dari pencipta (tim kreatif). Tidak hanya referensi dari kreasi yang telah memenangkan penghargaan, tetapi juga referensi ke budaya, kebiasaan, nilai-nilai dan norma.

Kekayaan referensi ini berasal dari keanekaragaman wawasan dan latar belakang setiap anggota tim kreatif. Referensi-referensi ini kemudian "dilemparkan" dalam sesi brainstorming yang menghasilkan strategi dan rencana kreatif.


Pilar # 3: Doable (dapat dilakukan)
Strategi dan rencana kreatif harus dieksekusi dengan benar. Di sinilah pilar ketiga bisa dilakukan. Strategi dan rencana diselaraskan dengan anggaran, waktu, sumber daya dan ketersediaan teknologi. Di sini manajemen operasi berperan sebagai tulang punggung dalam eksekusi strategi.

Jadi, ada metode untuk mendorong kreativitas. Kemudian ada proses kreatif yang menumbuhkan benih gagasan untuk menghasilkan buah menjadi strategi kreatif dan rencana kreatif. Dilanjutkan dengan manajemen operasional yang membuat berbagai output kreatif dapat menjawab masalah komunikasi pemasaran merek.

Bagaimana proses kreatifmu berjalan?

Selasa, 20 April 2021

Gambar Proyeksi

        Kata proyeksi secara umum berarti bayangan. Gambar proyeksi berarti gambar bayangan suatu benda yang berasal dari benda nyata atau imajiner yang dituangkan dalam bidang gambar menurut cara-cara tertentu. Cara-cara tersebut berkenaan dengan arah garis pemroyeksi yang meliputi sejajar (paralel) dan memusat (sentral). Arah yang sejajar terdiri atas sejajar tegak lurus terhadap bidang gambar dan sejajar akan tetapi miring terhadap bidang gambar.

        Berdasarkan arah garis pemroyeksi tersebut dikenal berbagai jenis gambar proyeksi. Garis pemroyeksi yang sejajar tegak lurus terhadap bidang gambar menghasilkan gambar proyeksi orthogonal yang terdiri dari proyeksi Eropa, proyeksi Amerika, dan proyeksi Aksonometri. Garis pemroyeksi yang sejajar tetapi miring terhadap bidang gambar menghasilkan proyeksi Oblik (miring). Sementara garis pemroyeksi yang memusat (sentral) terhadap bidang gambar menghasilkan gambar perspektif.




Gambar 1 : Contoh pandangan sejajar tegak


        Secara umum berbagai jenis gambar proyeksi dan perspektif tersebut difungsikan sebagai sarana komunikasi dalam bentuk pictorial. Benda kongkret yang ada, misalnya meja atau kursi, digambarkan sedemikian rupa sehingga dipahami oleh orang lain. Benda imajiner (khayalan penggambar), misalnya meja atau kursi yang sebelumnya tidak ada digambarkan sedemikian rupa sehingga dipahami oleh orang lain misalnya tukang atau pemesan. Gambar proyeksi dan perspektif lebih banyak menampilkan benda imajiner, oleh karena itu sangat bermanfaat dalam bidang perencanaan.

1. Proyeksi Ortogonal (Eropa)

        Penampilan gambar proyeksi Eropa relative sederhana dibandingkan dengan yang lain. Gambar ini menampilkan pandangan atas, depan (muka), dan samping. Oleh karena itu proyeksi Eropa sangat tepat digunakan untuk kepentingan perancangan mebel atau desain produk.

        Sistem gambar proyeksi Eropa dihasilkan dari pemroyeksian pada ruang atau sudut pertama (first angel). Oleh karena itu proyeksi Eropa sering disebut proyeksi “Kuadran Pertama” atau “Kuadran I”. Ruang atau sudut penampilan tersebut berbentuk tiga dimensi, yang terdiri atas 3 bidang, yakni bidang I, II, dan III. Bidang I berfungsi untuk menampilkan bayangan benada tampak dari atas, bidang II untuk bayangan benda tampak depan, dan bidang III untuk bayangan benda tampak dari samping kiri. Oleh karena itu proyeksi Eropa sering dikelompokkan dalam proyeksi multiview (tampak ganda).

        Jika diperhatikan sistem proyeksi Eropa ini menempatkan posisi benda/obyek yang digambar berada di antara titik pengamat (proyektor) dan proyeksi benda. Jika diurutkan maka posisi tersebut adalah pengamat, objek, dan gambar proyeksi. Posisi pengamat terhadap bidang gambar adalah tegak lurus. Di samping itu, masing-masing garis pemroyeksi yang merupakan hubungan dari titik pengamat dan benda sehingga menghasilkan proyeksi tersebut adalah sejajar sesamanya.

        Ruang / sudut yang berbentuk tiga dimensi ini diubah sedemikian rupa menjadi dua dimensi. Dengan kata lain diubah menjadi bidang datar sehingga dapat dituangkan ke dalam bidang atau kertas gambar. Perubahan sudut / ruang tersebut dapat dilihat dalam gambar berikut:


Gambar 2 : Konstruksi ruang dalam proyeksi Eropa





Gambar 3 : Ruang dalam proyeksi Eropa yang dibentangkan menjadi bidang datar





Gambar 4 : Sumbu proyeksi Eropa yang terbentuk karena rebahan ruang


Gambar 5 : Contoh cara memproyeksikan sebuah titik.



Gambar 6 : Contoh benda berupa kubus yang diproyeksikan dengan cara Eropa.

Sabtu, 27 Maret 2021

TUHAN yang sejati

Ketika AKU menciptakan langit dan bumi
AKU berfirman "dan jadilah"
Ketika AKU menciptakan pria
AKU membentuknya dan meniupkan nafas kehidupan ke dalam dirinya
Tetapi kau wanita
AKU menghiasmu
AKU membiarkan pria tertidur nyenyak sehingga AKU dapat dengan sabar dan sempurna membentuk kau

Dari satu tulang AKU menghiasmu
AKU memilih tulang rusuk yang melindungi kehidupan pria, melindungi jantung dan paru - paru sebagaimana yang harus kau lakukan
Dari satu tulang ini AKU membentukmu dengan sempurna dan cantik

Sifatmu KUbuat seperti tulang rusuk
Kuat tetapi lembut dan mudah patah
Kau menyediakan perlindungan untuk organ paling lembut dari pria
Hati dan jantungnya
Ya...
Jantungnya!
Pusat dari kehidupanya
Paru - paru menggenggam nafas kehidupan

Tulang rusuk akan membiarkan dirinya patah sebelum ia mengizinkan kerusakan terjadi pada jantung
Dukunglah pria sebagaimana tulang rusuk melindungi tubuhnya
Untuk berdiri disampingnya dan di peluk dengan erat

Kau adalah malaikatKU yang sempurna
Kau adalah gadis kecilKU yang cantik
Kau telah tumbuh menjadi wanita yang sempurna
Dan mataKU terpuaskan ketika AKU melihat hatimu

Matamu indah saat melihat keagunganKU
Bibirmu sangat cantik saat mengucapkan doa
AKU telah memberi perhatian pada wajahmu saat kau tertidur
AKU menggenggam hatimu dekat denganKU

Adam berjalan bersamaKU di hari yang dingin dan dia kesepian
Dia tak dapat melihat ataupun menyentuhKU
Semua yang AKU ingin Adam berbagi denganKU, AKU membentuknya di dalam Hawa
KekuatanKU
KemurnianKU
CintaKU
PerlindunganKU
dan dukunganKU

Kau istimewa karena kau adalah perwakilanKU
Pria melambangkan cintaKU
Wanita melambangkan perasaanKU

Pria
Perlakukan wanita dengan baik
Cintailah dia
Hormatilah dia dengan kelembutannya
Menyakitinya berarti kau menyakitiKU
Jika kau menghancurkanya kau hanya menghancurkan hatimu sndiri

Wanita, dukunglah pria dalam kasederhanaan
Tunjukkan kepadanya kekuatan perasaan yang telah AKU berikan kepadamu
Dalam kesunyian tunjukkan kekuatanmu
Dalam cinta tunjukkan kepadanya bahwa kau adalah tulang rusuknya
Bersama - sama...
Kalian melambangkan...
TUHAN YANG SEJATI

Nasihat Sang IBLIS

Suatu hari TUHAN bersabda kepada MUSA
"Pergilah minta nasihat dari IBLIS"
Maka MUSA pun pergi menemui IBLIS dan setelah sampai padanya, ia pun minta padanya
"Senantiasa ingatlah",
kata IBLIS,
"Akan kaidah sederhana ini : jangan bilang AKU, agar kau tak akan menjadi seperti AKU"
Lanjutnya
"Selama masih tinggal dlm dirimu sedikit rasa cinta diri sendiri, maka kau akan ikut juga dlm ketidaksetiaan.
Kemalasan ialah rintangan ke JALAN RUHANI ; tetapi jika kau berhasil melintasi rintangan ini, maka sebentar saja seratus AKU akan pecah kepalanya.
Semua pun melihat kesombongan dan kebanggaan diri yang ada padamu, kebencian, iri hati dan kemarahanmu, tetapi kau sendiri tak melihatnya.
Ada sudut dalam dirimu yang penuh dengan naga, dan karena lalai, kau dikorbankan pada mereka ; dan kau manjakan mereka serta kau pelihara mereka siang dan malam.
Maka bila kau sadar akan keadaan bathinmu, kenapa pula kau tinggal begitu tak perduli?"
IBLIS pun menambahkan
"Oh kau yg berubah di setiap saat, kau seperti Fir'aun sampai ke akar akar rambutmu.
Tetapi jika kau hancurkan SANG AKU dalam dirimu sehari saja, maka kegelapan yang meliputimu akan menjadi terang.
Jangan ucapkan kata AKU.
Kau akan terperosok ke dalam seratus kejahatan lantaran AKU-AKU mu, dan kau akan selalu tergoda oleh AKU"

Berwarna

Dari semesta dunia kupilih kau semata
Adakah kau anggap layak bagiku untuk duduk penuh duka?
Dari diriku kadang kau tumbuhkan duri, kadang mawar
Kadang kucium mawar, kadang kupetik duri
Kalau kubuat aku tetap demikian, tetaplah aku demikian
Kalau kau kehendaki aku demikian, jadilah aku demikian
Hatiku bagai kanvas ditanganmu
Dalam palet itu, dimana kau berikan warna pada hatiku
Lantaran kaulah hatiku BERWARNA
Bagaimana jadinya hatiku?
Karya apa yg akan kau buat dihatiku?