Minggu, 18 Juli 2021

Videografi



Videografi (Videography) dalam bahasa indonesia sebetulnya terdiri dari 2 kata yaitu video yang artinya gambar bergerak dan grafi yang merupakan kata serapan dari yunani yaitu -graphiā yang artinya menulis. Videografi adalah sebuah proses merekam video ( berupa visual / visual dan audio) suatu moment yang dapat dinikmati dikemudian hari, baik sebagai sebuah kenangan ataupun sebagai bahan kajian untuk mempelajari apa yang sudah pernah terjadi. Videografi sendiri banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk berbagai kepentingan, mulai dari individu hingga kelompok, dan bahkan setiap negara dapat dipastikan memiliki arsip tentang sejarah negaranya dalam bentuk video.

Videografi biasanya tidak membutuhkan konsep seperti script dan storyboard, melainkan merekam hal yang natural terjadi. Videografi biasanya berbentuk dokumentasi dan liputan. Hal yang mudah kita lakukan adalah merekam kejadian dengan kamera ponsel hal ini bisa disebut videografi juga, bahkan saat CCTV merekam itu juga videografi. Namun perlu diingat Videografi berbeda dengan sinematografi untuk mentetahui nya silakan buka artikel tentang perbedaan videografi dengan sinematografi.

Bukan hanya dikalangan amatir videografi juga dibuat bisnis professional oleh vendor kreatif seperti jasa dokumentasi wedding, pesta ulang tahun, liputan event dsb. Di zaman modern dan digital kini videografi semakin dimudahkan karena kita bisa share karya videografi kita di Youtube.

Minggu, 25 April 2021

Proses Kreatif



Apa resep rahasia untuk agen kreatif sampai dapat terus menghasilkan karya kreatif yang mendapatkan banyak penghargaan?

Bagaimana Anda menjaga aliran ide di tengah situasi apa pun?

Apakah kreativitas termasuk bakat sehingga hanya orang-orang tertentu memilikinya?

Ini adalah rahasianya: kreativitas tidak hanya muncul. Ada metode yang bisa menjadi panduan untuk mendorong ide muncul di kepala. Mulai dari ide, ada proses untuk mewujudkan ide untuk menjadi sesuatu yang nyata. Sesuatu yang bisa dilihat, dirasakan dan terjebak dalam benak penonton, lalu menggerakkan mereka untuk melakukan sesuatu.

Kreativitas dalam studi akademik

Proses kreatif dan kreativitas ini memiliki studi akademik. Menurut Liane Gabora, profesor psikologi dan studi kreatif dari University of British Columbia, kreativitas adalah proses kognitif - pikiran - yang mengubah pemahaman kita, atau hubungan kita dengan, dunia di sekitar kita.

Berangkat dari definisi ini, kita dapat mengetahui bahwa output dari proses kognitif ini dapat menjadi dua hal. Pertama, penampilan ide-ide baru. Kedua adalah transformasi ide-ide lama yang menjadi pembaruan pada suatu konsep. Konsepnya adalah gambaran mental yang membantu kita memahami hal-hal.

Proses kreatif

Jika kreativitas adalah proses menghasilkan ide, proses kreatif adalah serangkaian kegiatan untuk mewujudkan ide tersebut menjadi bentuk nyata. Apa pun artinya kreativitas tanpa proses kreatif. Jika kreativitas adalah proses menghasilkan ide, proses kreatif adalah serangkaian kegiatan untuk mewujudkan ide tersebut menjadi bentuk nyata.

Ada tiga pilar proses kreatif yang dapat diterapkan baik oleh tim internal dan agensi yang bergerak di bidang kreatif.

Pilar # 1: Alasan

Ini adalah tahap yang paling penting. Banyak merek ingin kampanye iklan keren di mata audiens target. Kampanye iklan keren ini diperkirakan akan tetap berpegang pada kepala audiens target, dapat membangkitkan hati mereka sampai mereka tergerak untuk melakukan sesuatu.

Tapi merek lupa satu hal. Alasan apa yang diperankan oleh merek dalam kehidupan audiens targetnya. Apa raison d'etrre adalah merek. Inilah yang kami kenal sebagai merek tujuan, alasan merek harus ada (sekarang), yang lebih kuat dari hanya menjual atau mendapatkan uang.

Merek tujuan yang kuat harus terkait dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Masalah apa yang dapat dibantu oleh merek melalui produk dan layanan ini. Tujuan merek juga tidak perlu rumit karena yang penting adalah relevan dengan masalah target audiens.

Misalnya, dalam kampanye Mizone #siaapbalikin harga diri, merek tujuan memberikan inspirasi dan antusiasme untuk membalikkan situasi ketika seseorang berada dalam posisi tertinggal. Tujuan dari kampanye ini selaras dengan merek Mizone Merek “Help the youth feel empowered in their quest towards embracing the unknown.”

Barang Kebenaran dan Kebenaran Pelanggan

Dalam praktiknya beberapa merek dapat mengartikulasikan merek tujuan dalam singkat kreatif dengan jelas dan enteng. Sebagian besar masih tebal dengan nuansa komersial, hanya menjual penjualan. Beberapa dicampur dengan visi dan misi perusahaan.

Di sinilah Badan Kreatif memainkan peran membimbing merek. Proses penggalian merek tujuan ketika merancang kampanye periklanan adalah tugas ahli strategi kreatif. Tujuan merek adalah pertanyaan pertama ahli strategi kreatif kreatif.

Ada dua komponen penting dalam merumuskan merek tujuan ini: Permukaan kebenaran dan kebenaran pelanggan. Perkiraan merek adalah hal-hal yang merupakan sifat merek yang terdiri dari merek bahan bakar dan bahan bakar kategori.

Bahan bakar merek adalah USP (proposisi penjualan unik) kategori bahan bakar adalah situasi dan kondisi lingkungan yang dimasukkan oleh merek pada waktu tertentu. Lanskap kompetitif dimasukkan dalam kategori bahan bakar ini.

Komponen kedua kebenaran pelanggan adalah hal-hal yang merupakan sifat konsumen, yang terdiri dari bahan bakar konsumen dan bahan bakar budaya. Bahan bakar konsumen adalah kebiasaan pelanggan sementara bahan bakar budaya adalah budaya, norma dan nilai di mana konsumen hidup.

Ketika komponen kebenaran dan kebenaran konsumen disandingkan, merek tujuan yang kami rumuskan akan selalu relevan dengan konsumen. Tujuan merek akan selalu kontekstual dengan situasi dan kondisi lingkungan sekitarnya.




Pilar # 2: Ekspresi
Pada tahap ini kami mengungkapkan merek tujuan sesuai dengan mandat singkat kreatif. Secara khusus, ekspresi kreatif ini adalah manifestasi dari pesan utama dan solusi untuk masalah pernyataan dalam brief kreatif. Kreativitas yang melahirkan ide untuk mewujudkan ungkapan ini harus tetap di koridor singkat kreatif.

Ungkapan ini juga harus sesuai dengan kondisi pasarnya. Tidak hanya berdasarkan geografis dan demografis, tetapi juga berdasarkan budaya dan kebiasaan di ekosistem di mana merek dan konsumen berada. Merek dengan tujuan yang relevan dan kontekstual akan lebih mudah untuk mengekspresikan diri.

Satu hal yang tidak kalah penting dari ungkapan ini adalah faktor media digital. Di dunia digital ini, setiap orang memiliki "senjata" yang sama dengan merek untuk mengekspresikan dirinya. Jadi, komunikasi dari ungkapan ini harus dilakukan dalam dua arah dan secara interaktif.

Tantangan lain adalah bagaimana membuat ekspresi itu menarik audiens target ketika mereka tenggelam di lautan konten. Di sini, viralitas dari yang paling diburu oleh merek dan hampir selalu muncul di kreatif singkat ke agen.

Apakah vebalitas kebetulan? Tidak harus begitu.

Referensi Kreatif
Idealnya, ekspresi kreatif harus mengandung unsur-unsur kebaruan (novelty). Tetapi tantangannya adalah kendala waktu. Namun, kreatif pendek adalah alat bisnis, terutama untuk pemasaran. Bisnis saat ini sangat dinamis dan sulit diprediksi. Kami tidak memiliki cukup waktu untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif baru.

Ketika Liane Gabora menjelaskan sebelumnya bahwa transformasi gagasan lama sehingga pemikiran yang diperbarui, itu juga merupakan bentuk kreativitas. Jadi tidak ada yang salah dengan menerapkan metode ATM (amati, meniru, modifikasi) dalam tahap ekspresi ini. Tujuan utamanya adalah untuk menjawab kreatif pendek.

Ekspresi kreatif, baik dari ide-ide baru dan ide-ide lama, sumbernya adalah kekayaan referensi dari pencipta (tim kreatif). Tidak hanya referensi dari kreasi yang telah memenangkan penghargaan, tetapi juga referensi ke budaya, kebiasaan, nilai-nilai dan norma.

Kekayaan referensi ini berasal dari keanekaragaman wawasan dan latar belakang setiap anggota tim kreatif. Referensi-referensi ini kemudian "dilemparkan" dalam sesi brainstorming yang menghasilkan strategi dan rencana kreatif.


Pilar # 3: Doable (dapat dilakukan)
Strategi dan rencana kreatif harus dieksekusi dengan benar. Di sinilah pilar ketiga bisa dilakukan. Strategi dan rencana diselaraskan dengan anggaran, waktu, sumber daya dan ketersediaan teknologi. Di sini manajemen operasi berperan sebagai tulang punggung dalam eksekusi strategi.

Jadi, ada metode untuk mendorong kreativitas. Kemudian ada proses kreatif yang menumbuhkan benih gagasan untuk menghasilkan buah menjadi strategi kreatif dan rencana kreatif. Dilanjutkan dengan manajemen operasional yang membuat berbagai output kreatif dapat menjawab masalah komunikasi pemasaran merek.

Bagaimana proses kreatifmu berjalan?

Selasa, 20 April 2021

Gambar Proyeksi

        Kata proyeksi secara umum berarti bayangan. Gambar proyeksi berarti gambar bayangan suatu benda yang berasal dari benda nyata atau imajiner yang dituangkan dalam bidang gambar menurut cara-cara tertentu. Cara-cara tersebut berkenaan dengan arah garis pemroyeksi yang meliputi sejajar (paralel) dan memusat (sentral). Arah yang sejajar terdiri atas sejajar tegak lurus terhadap bidang gambar dan sejajar akan tetapi miring terhadap bidang gambar.

        Berdasarkan arah garis pemroyeksi tersebut dikenal berbagai jenis gambar proyeksi. Garis pemroyeksi yang sejajar tegak lurus terhadap bidang gambar menghasilkan gambar proyeksi orthogonal yang terdiri dari proyeksi Eropa, proyeksi Amerika, dan proyeksi Aksonometri. Garis pemroyeksi yang sejajar tetapi miring terhadap bidang gambar menghasilkan proyeksi Oblik (miring). Sementara garis pemroyeksi yang memusat (sentral) terhadap bidang gambar menghasilkan gambar perspektif.




Gambar 1 : Contoh pandangan sejajar tegak


        Secara umum berbagai jenis gambar proyeksi dan perspektif tersebut difungsikan sebagai sarana komunikasi dalam bentuk pictorial. Benda kongkret yang ada, misalnya meja atau kursi, digambarkan sedemikian rupa sehingga dipahami oleh orang lain. Benda imajiner (khayalan penggambar), misalnya meja atau kursi yang sebelumnya tidak ada digambarkan sedemikian rupa sehingga dipahami oleh orang lain misalnya tukang atau pemesan. Gambar proyeksi dan perspektif lebih banyak menampilkan benda imajiner, oleh karena itu sangat bermanfaat dalam bidang perencanaan.

1. Proyeksi Ortogonal (Eropa)

        Penampilan gambar proyeksi Eropa relative sederhana dibandingkan dengan yang lain. Gambar ini menampilkan pandangan atas, depan (muka), dan samping. Oleh karena itu proyeksi Eropa sangat tepat digunakan untuk kepentingan perancangan mebel atau desain produk.

        Sistem gambar proyeksi Eropa dihasilkan dari pemroyeksian pada ruang atau sudut pertama (first angel). Oleh karena itu proyeksi Eropa sering disebut proyeksi “Kuadran Pertama” atau “Kuadran I”. Ruang atau sudut penampilan tersebut berbentuk tiga dimensi, yang terdiri atas 3 bidang, yakni bidang I, II, dan III. Bidang I berfungsi untuk menampilkan bayangan benada tampak dari atas, bidang II untuk bayangan benda tampak depan, dan bidang III untuk bayangan benda tampak dari samping kiri. Oleh karena itu proyeksi Eropa sering dikelompokkan dalam proyeksi multiview (tampak ganda).

        Jika diperhatikan sistem proyeksi Eropa ini menempatkan posisi benda/obyek yang digambar berada di antara titik pengamat (proyektor) dan proyeksi benda. Jika diurutkan maka posisi tersebut adalah pengamat, objek, dan gambar proyeksi. Posisi pengamat terhadap bidang gambar adalah tegak lurus. Di samping itu, masing-masing garis pemroyeksi yang merupakan hubungan dari titik pengamat dan benda sehingga menghasilkan proyeksi tersebut adalah sejajar sesamanya.

        Ruang / sudut yang berbentuk tiga dimensi ini diubah sedemikian rupa menjadi dua dimensi. Dengan kata lain diubah menjadi bidang datar sehingga dapat dituangkan ke dalam bidang atau kertas gambar. Perubahan sudut / ruang tersebut dapat dilihat dalam gambar berikut:


Gambar 2 : Konstruksi ruang dalam proyeksi Eropa





Gambar 3 : Ruang dalam proyeksi Eropa yang dibentangkan menjadi bidang datar





Gambar 4 : Sumbu proyeksi Eropa yang terbentuk karena rebahan ruang


Gambar 5 : Contoh cara memproyeksikan sebuah titik.



Gambar 6 : Contoh benda berupa kubus yang diproyeksikan dengan cara Eropa.

Sabtu, 27 Maret 2021

TUHAN yang sejati

Ketika AKU menciptakan langit dan bumi
AKU berfirman "dan jadilah"
Ketika AKU menciptakan pria
AKU membentuknya dan meniupkan nafas kehidupan ke dalam dirinya
Tetapi kau wanita
AKU menghiasmu
AKU membiarkan pria tertidur nyenyak sehingga AKU dapat dengan sabar dan sempurna membentuk kau

Dari satu tulang AKU menghiasmu
AKU memilih tulang rusuk yang melindungi kehidupan pria, melindungi jantung dan paru - paru sebagaimana yang harus kau lakukan
Dari satu tulang ini AKU membentukmu dengan sempurna dan cantik

Sifatmu KUbuat seperti tulang rusuk
Kuat tetapi lembut dan mudah patah
Kau menyediakan perlindungan untuk organ paling lembut dari pria
Hati dan jantungnya
Ya...
Jantungnya!
Pusat dari kehidupanya
Paru - paru menggenggam nafas kehidupan

Tulang rusuk akan membiarkan dirinya patah sebelum ia mengizinkan kerusakan terjadi pada jantung
Dukunglah pria sebagaimana tulang rusuk melindungi tubuhnya
Untuk berdiri disampingnya dan di peluk dengan erat

Kau adalah malaikatKU yang sempurna
Kau adalah gadis kecilKU yang cantik
Kau telah tumbuh menjadi wanita yang sempurna
Dan mataKU terpuaskan ketika AKU melihat hatimu

Matamu indah saat melihat keagunganKU
Bibirmu sangat cantik saat mengucapkan doa
AKU telah memberi perhatian pada wajahmu saat kau tertidur
AKU menggenggam hatimu dekat denganKU

Adam berjalan bersamaKU di hari yang dingin dan dia kesepian
Dia tak dapat melihat ataupun menyentuhKU
Semua yang AKU ingin Adam berbagi denganKU, AKU membentuknya di dalam Hawa
KekuatanKU
KemurnianKU
CintaKU
PerlindunganKU
dan dukunganKU

Kau istimewa karena kau adalah perwakilanKU
Pria melambangkan cintaKU
Wanita melambangkan perasaanKU

Pria
Perlakukan wanita dengan baik
Cintailah dia
Hormatilah dia dengan kelembutannya
Menyakitinya berarti kau menyakitiKU
Jika kau menghancurkanya kau hanya menghancurkan hatimu sndiri

Wanita, dukunglah pria dalam kasederhanaan
Tunjukkan kepadanya kekuatan perasaan yang telah AKU berikan kepadamu
Dalam kesunyian tunjukkan kekuatanmu
Dalam cinta tunjukkan kepadanya bahwa kau adalah tulang rusuknya
Bersama - sama...
Kalian melambangkan...
TUHAN YANG SEJATI

Nasihat Sang IBLIS

Suatu hari TUHAN bersabda kepada MUSA
"Pergilah minta nasihat dari IBLIS"
Maka MUSA pun pergi menemui IBLIS dan setelah sampai padanya, ia pun minta padanya
"Senantiasa ingatlah",
kata IBLIS,
"Akan kaidah sederhana ini : jangan bilang AKU, agar kau tak akan menjadi seperti AKU"
Lanjutnya
"Selama masih tinggal dlm dirimu sedikit rasa cinta diri sendiri, maka kau akan ikut juga dlm ketidaksetiaan.
Kemalasan ialah rintangan ke JALAN RUHANI ; tetapi jika kau berhasil melintasi rintangan ini, maka sebentar saja seratus AKU akan pecah kepalanya.
Semua pun melihat kesombongan dan kebanggaan diri yang ada padamu, kebencian, iri hati dan kemarahanmu, tetapi kau sendiri tak melihatnya.
Ada sudut dalam dirimu yang penuh dengan naga, dan karena lalai, kau dikorbankan pada mereka ; dan kau manjakan mereka serta kau pelihara mereka siang dan malam.
Maka bila kau sadar akan keadaan bathinmu, kenapa pula kau tinggal begitu tak perduli?"
IBLIS pun menambahkan
"Oh kau yg berubah di setiap saat, kau seperti Fir'aun sampai ke akar akar rambutmu.
Tetapi jika kau hancurkan SANG AKU dalam dirimu sehari saja, maka kegelapan yang meliputimu akan menjadi terang.
Jangan ucapkan kata AKU.
Kau akan terperosok ke dalam seratus kejahatan lantaran AKU-AKU mu, dan kau akan selalu tergoda oleh AKU"

Berwarna

Dari semesta dunia kupilih kau semata
Adakah kau anggap layak bagiku untuk duduk penuh duka?
Dari diriku kadang kau tumbuhkan duri, kadang mawar
Kadang kucium mawar, kadang kupetik duri
Kalau kubuat aku tetap demikian, tetaplah aku demikian
Kalau kau kehendaki aku demikian, jadilah aku demikian
Hatiku bagai kanvas ditanganmu
Dalam palet itu, dimana kau berikan warna pada hatiku
Lantaran kaulah hatiku BERWARNA
Bagaimana jadinya hatiku?
Karya apa yg akan kau buat dihatiku?

Kamis, 04 Februari 2021

Menggambar wajah

Menggambar adalah salah satu pelajaran yang menyenangkan bagi mayoritas orang. Sejak awal anak-anak telah diperkenalkan dengan kegiatan menggambar. Tidak hanya mendapatkan pelajaran akademis, banyak sekolah juga memberikan kelas menggambar kepada murid-muridnya.

Banyak orang tua bahkan telah memberikan kebebasan kepada anak-anak mereka lebih awal untuk menjadi kreatif di atas kertas dan pensil pensil. Meski tidak teratur, ketika anak itu benar dia sedang dalam proses belajar.

Tetapi tidak semua orang memiliki minat dalam menggambar sejak kecil. Ada juga yang baru yang memiliki minat dalam menggambar ketika mereka dewasa. Tidak ada yang salah dalam proses pembelajaran. Tidak pernah terlalu terlambat dalam belajar, itulah kata pepatah. Bagi Anda, tidak perlu khawatir jika Anda baru tertarik menggambar.

Ada beberapa cara untuk menggambar orang yang dapat dilakukan, bersama dengan panduan ini kita akan mencoba menggambar wajah manusia dengan teori proporsi wajah manusia secara global.

Sebelumnya hal yang perlu Anda persiapkan adalah pensil. Jika Anda dapat menggunakan pensil HB agar mudah dihapus. tapi setelah itu, jangan lupa tebalkan dengan pensil 2B, 4B, 6B dan bahkan 8B. Berikut adalah langkah-langkah dasar dalam menggambar wajah manusia secara global

Langkah pertama

Buat lingkaran, kemudian buat garis vertikal di tengah lingkaran. Setelah itu Anda membuat garis seolah-olah Anda akan membuat dagu. Cobalah simetris sehingga wajah terlihat rapi.




Langkah kedua

Selanjutnya Anda dapat menggunakan penggaris untuk mengukur jarak di wajah. Ini diperlukan agar ukurannya lebih nyata dan tidak besar atau kecil di satu bagian wajah. Teorinya adalah

Lingkaran wajah dibagi dua, mendapatkan posisi mata atau dengan kata lain, posisi mata adalah setengah dari ukuran wajah.




Langkah ketiga

Buat gambar mata pada garis tengah. Ukuran kanan dan kiri sama. kemudian buat hidung, posisinya adalah 1/2 dari mata hingga dagu, mendapatkan posisi bawah hidung.


Langkah keempat

Buatlah alis, posisinya 3/4 dari ujung atas kepala dan mata, mendapatkan posisi alis.


Langkah kelima

Buatlah bibir, posisinya pada 1/2 dari ujung bawah hidung ke ujung bawah wajah/dagu akan mendapatkan posisi mulut/bibir.


Langkah keenam

Anda dapat menambahkan telinga ke kanan dan kiri wajah. Buat telinga yang memiliki tinggi dari posisi mata ke ujung bawah hidung. Anda dapat menambahkan dekorasi seperti rambut sesuai dengan keinginan dan imajinasi Anda.


Nah, bila sudah mencobanya, silahkan kirimkan hasilnya ke agustim.saptoadjie@gmail.com ya....
Selamat mencoba...